Sukses

Makan Ini Agar Tahan Lapar Saat Mudik

Di tengah perjalanan mudik, rasa lapar bukanlah alasan untuk menunda perjalanan sampai ke kampung halaman. Nah, makanan berikut ini mampu menunda rasa lapar Anda saat mudik. Makanan apa saja yang di maksud? Simak selengkapnya di sini.

Tak terasa, sebentar lagi umat muslim akan merayakan hari raya Idul Fitri. Salah satu tradisi yang kental di masyarakat Indonesia hingga saat ini adalah tradisi mudik Lebaran.

Mudik lebaran merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu, karena dengan mudik maka seseorang dapat bersilahturahmi serta melepas rindu dengan keluarga dan kerabat di kampung halaman.

Mudik sering kali dilakukan mulai dari beberapa minggu sebelum Lebaran hingga beberapa hari sesudah Lebaran. Berbagai transportasi, baik melalui laut, darat ataupun udara, dapat dipilih saat mudik. Apa pun jenis transportasinya, persiapan untuk mudik harus tetap dilakukan dengan matang.

Memikirkan tentang makanan agar tahan lapar saat mudik juga merupakan hal yang penting untuk dipersiapkan? Tindakan ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang dapat memperlambat waktu sampai ke tempat tujuan, seperti kemacetan jalanan, keterlambatan kapal maupun pesawat.

Nah, bagi Anda yang ingin tidak mudah lapar ketika mudik, berikut beberapa tips yang patut Anda perhatikan:

  1. Pilihlah makanan tinggi serat dan memiliki kadar glikemik rendah, karena makanan jenis ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh sehingga tubuh akan merasa kenyang lebih lama. Contoh makanan yang mengandung kadar glikemik rendah, misalnya kacang-kacangan, buah, sayur, oatmeal, nasi merah dan lain sebagainya. Jika ingin membawa buah-buahan, sebaiknya pilihlah buah segar yang mudah dibawa seperti pisang, apel, jeruk, dan pir.

Perlu diketahui, mengonsumsi makanan yang manis (tinggi gula) seperti donat, dan kue, serta makanan lain seperti nasi putih dapat membuat tubuh lebih mudah lapar.

  1. Konsumsi protein, seperti daging sapi, ayam, ikan, telur, tahu, kacang-kacangan juga dapat membuat tubuh kenyang lebih lama. Untuk pilihan yang lebih sehat, Anda dapat memilih daging tanpa lemak dan dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang.
  2. Konsumsi susu atau produk susu, seperti yoghurt atau keju untuk menjaga kesehatan tulang.
  3. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih minimal 2 Liter per hari.

Dalam memilih makanan saat mudik, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah makanan tersebut sehat, bergizi lengkap dan bersih. Sebaiknya membawa makanan dari rumah daripada membeli di perjalanan, karena lebih terjamin nilai gizi dan kebersihannya.

Saat perjalanan mudik, hindari untuk mengonsumsi makanan yang terlalu asam dan pedas karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan mengganggu perjalanan mudik Anda. Selain itu, hindari pula konsumsi alkohol karena dapat menyebabkan konsentrasi terganggu dan mengantuk.

0 Komentar

Belum ada komentar