Sukses

Ini Alasanya Mengapa Bisa Mabuk Laut

Bagi Anda yang mudik menggunakan jalur laut, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami mabuk laut. Yuk, ketahui alasannya mengapa bisa mabuk laut bersama dr. Atika di sini.

Mabuk saat mudik dengan kapal laut tentunya sangat mengganggu orang yang bergantung pada moda transportasi ini untuk bertemu dengan saudara. Apakah Anda termasuk orang yang kerap mengalami hal ini setiap mudik dengan kapal laut? Simak penjelasan berikut untuk menambah pemahaman Anda mengenai mekanisme terjadinya mabuk laut.

Mabuk Laut

Mabuk laut adalah mekanisme yang melibatkan sistem keseimbangan manusia. Sistem keseimbangan manusia diatur oleh proses yang kompleks dan saling mempengaruhi antara mata, kulit dan otot, serta organ pada telinga dalam. Tiga sistem ini masing-masing akan memberikan informasi tentang keadaan tubuh pada otak, untuk menentukan status pergerakan dan keseimbangan tubuh Anda.

Penyebab Mabuk Laut

Mabuk laut terjadi akibat tidak sinkronnya informasi antara ketiga sistem pengatur tersebut. Dalam perjalanan di atas kapal laut, mata Anda tidak merasakan adanya gerakan/merasa tubuh tidak bergerak sama sekali karena pandangan Anda konstan dan tidak berubah. Namun, organ pada telinga dalam Anda (yang disebut sistem vestibular) dapat merasakan akselerasi, perhentian, maupun pergerakan kapal. Dengan kata lain, perbedaan informasi yang diperoleh antara mata dan sistem vestibular menyebabkan terjadinya mabuk laut.

Secara umum, mabuk laut tidak digolongkan sebagai suatu bentuk penyakit. Sebab, setiap orang normal sebenarnya bisa mengalami mabuk laut ini. Namun memang, beberapa kelompok orang tertentu memiliki sensitivitas yang lebih tinggi untuk mengalami mabuk laut. Sebagai contohnya, wanita, ibu hamil, terkait siklus menstruasi, pengguna kontrasepsi oral, penderita migrain, penderita gangguan pada sistem vestibular, dan lain-lain.

Gejala mabuk laut yang dialami setiap orang bisa saja bervariasi, namun biasanya selalu berulang saat penderitanya melakukan hal yang dapat mencetuskan mabuk laut, yakni bepergian dengan kapal laut.

Gejala Mabuk Laut

Umumnya, gejala awal mabuk laut adalah sering menguap dan agak mengantuk. Kemudian mulai dirasakan lemas, mual, muntah, berkeringat, banyak meludah, kulit tampak memucat, dan tangan terasa dingin.

Perhatikan Hal Ini

Hal penting lain yang perlu Anda ketahui adalah apabila Anda merupakan seseorang yang mengalami mabuk laut, Anda sebaiknya belajar untuk mengidentifikasi situasi-situasi yang juga dapat memperparah kondisi mabuk laut Anda, misalnya posisi duduk tertentu, membaca, merokok, menonton, dan lain-lain. 

0 Komentar

Belum ada komentar