Sukses

Mudah Sakit Kepala Sebelah? Bisa Jadi Ini Pemicunya

Sakit kepala sebelah atau migrain bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah makanan.

Migrain merupakan sakit kepala yang kerap dikeluhkan orang. Gejalanya berupa nyeri pada satu sisi kepala dan sering disertai dengan mual, muntah atau sensitivitas terhadap cahaya. Beberapa orang mungkin akan mengeluh bahwa mereka melihat kilatan cahaya atau mengalami sensasi kesemutan pada tungkai sebelum serangan migrain dimulai—kondisi ini disebut sebagai aura.

Menjaga diet Anda adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari serangan migrain. Anda perlu memperhatikan makanan apa saja yang dapat membantu mencegah migrain serta memicu terjadinya migrain.

Makanan apa yang dapat mencegah migrain?

Makanan alami yang tidak memiliki bahan pengawet atau rasa buatan adalah pilihan terbaik yang dapat dikonsumsi untuk mencegah migrain. Misalnya sayur-sayuran hijau atau oranye seperti wortel, bayam, ubi; beras terutama beras merah; serta buah-buahan.

Makanan apa yang dapat memicu migrain?

Membatasi konsumsi makanan yang dapat memicu migrain sangat penting untuk menurunkan frekuensi migrain Anda, terutama bila dilakukan secara ketat. Makanan-makanan tersebut di antaranya: telur, bawang, produk susu, gandum (termasuk roti dan pasta), alkohol (terutama anggur merah), dan kafein.

Beberapa makanan yang dianggap sebagai pemicu migrain memiliki efek vasokonstriksi pembuluh darah, di mana asupan oksigen jaringan berkurang yang tentunya memengaruhi reseptor nyeri (salah satunya di kepala).

Karena itu, penting bagi kita untuk menjaga pola makan yang baik. Segala sesuatunya harus dalam takaran yang pas dan seimbang untuk menjauhkan diri dari risiko migrain.


0 Komentar

Belum ada komentar