Sukses

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum dan Sesudah Begadang

Bisakah bangun dalam keadaan segar setelah begadang? Tentu saja bisa, asalkan Anda tahu bagaimana mengatur pola makan dan tidur Anda. Baca penjelasan lengkapnya di sini.

Begadang di era modern saat ini terkadang tak terhindarkan. Misalnya saja tuntutan kerja, aktivitas kantor, dan beberapa kondisi lainnya yang membuat Anda harus mengurangi waktu tidur. Dalam menghadapi situasi yang “memaksa” Anda untuk begadang, ada yang sebaiknya Anda lakukan sebelum dan sesudahnya.

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan sebelum begadang:

  • Hindari perut kosong

Jangan biarkan perut Anda kosong dan keroncongan. Perut yang kosong saat begadang memudahkan penurunan kondisi, dan tentunya ini akan membuat Anda tidak bugar. Pilih juga makanan yang bergizi seimbang, bukannya makanan berlemak yang tidak baik bagi kesehatan.

  • Tidur cukup

Sediakan waktu untuk tidur cukup setidaknya 6 jam sehari. Aturlah waktunya dengan baik agar tidak mengganggu kegiatan harian Anda.

  • Kurangi kopi

Untuk para penikmat kopi, hal ini seakan mustahil namun layak untuk dilakukan. Mengapa demikian? Kadar kafein yang terlalu tinggi akan merangsang sistem saraf simpatis yang meningkatkan tekanan darah dan menimbulkan gangguan kecemasan.

Sedangkan untuk kiat yang sebaiknya Anda lakukan setelah begadang adalah:

  • Jangan lupakan sarapan

Sarapan membuat Anda lebih berenergi setelah melalui malam tanpa isitrahat atau minim istirahat.

  • Perbanyak protein

Pilihlah sarapan yang tinggi protein, dikarenakan makanan jenis ini akan memberikan Anda ketahanan, apalagi jika Anda harus bekerja dan butuh konsentrasi.

  • Minum kopi

Apabila Anda sempat tidur sehabis begadang, setengah jam setelah terbangun ada baiknya Anda mengonsumsi secangkir kopi untuk memberikan kewaspadaan diri dan membuat Anda terjaga selama siang hari.

0 Komentar

Belum ada komentar