Sukses

3 Hal Mengenai Ring Jantung yang Perlu Anda Ketahui

Ring jantung merupakan sebuah alat bantu untuk mengatasi masalah penyempitan pembuluh darah. Ini 3 hal mengenai ring jantung yang perlu Anda ketahui.

Penyempitan pembuluh darah koroner jantung merupakan ancaman terjadinya serangan jantung dan dapat berakibat pada kematian mendadak. Pemasangan ring jantung, atau populer di masyarakat dengan sebutan cincin jantung, merupakan teknik dalam dunia kedokteran untuk melebarkan pembuluh darah jantung yang menyempit.

Dalam istilah medis, ring disebut stent. Prosedur pemasangan ring ini merupakan tindakan invasif, yakni memasukkan sesuatu ke dalam tubuh pasien, namun bukan tergolong prosedur bedah.

1. Bagaimana proses tindakan akan berlangsung?

Sebelum pemasangan ring jantung dilakukan, pasien terlebih dahulu melalui pemeriksaan kateterisasi jantung. Kateterisasi jantung ini akan melewatkan pipa kecil melalui pembuluh darah di area pergelangan tangan atau di lipat paha pasien hingga ke pangkal pembuluh darah koroner pada jantung. Cairan kontras akan disemprotkan melalui pipa tersebut untuk melihat lokasi dan parahnya penyempitan pembuluh koroner bila memang ada.

Jika terdapat penyempitan yang signifikan dan memungkinkan untuk dilakukan pemasangan stent, maka stent akan dihantarkan melalui jalur yang sama dengan kateterisasi jantung tadi, dan dikembangkan untuk melebarkan penyempitan tersebut.

Selama tindakan berlangsung, pasien akan tetap dalam keadaan sadar. Pembiusan hanya dilakukan di daerah pergelangan tangan atau lipat paha saja, tempat kateter atau stent dimasukkan.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan?

Proses prosedur kateterisasi akan membutuhkan waktu sekitar setengah jam, sedangkan pemasangan stent akan membutuhkan waktu rata-rata sekitar satu hingga dua jam tergantung dari sulitnya lokasi dan tipe penyempitan pembuluh darah koroner. Waktu tambahan akan di butuhkan sebelum dan sesudah prosedur untuk persiapan dan perawatan pasca tindakan sehingga tentunya anda akan perlu menginap di RS setidaknya sehari semalam.

3. Apa yang terjadi setelah prosedur selesai?

Setelah prosedur pemasangan stent berhasil dilakukan, anda akan dipantau dalam ruang intensif selama semalam dan jika stabil baik, anda boleh pulang. Anda akan membutuhkan obat-obatan jantung yang harus rutin dikonsumsi setelahnya untuk menjaga agar jangan terjadi penyempitan ulang di lokasi yang telah terpasang stent tersebut, atau di lokasi lain pada pembuluh koroner anda. Anda juga harus menjaga kesehatan anda dengan diet sehat jantung dan tentunya tetap beraktivitas fisik secara aktif.

1 Komentar

  • Pilipus Budiarto

    Dok mau tanya apakah pasca pasang ring, obat2an yg di minum harus tetap dilanjutkan, trus sampai kapan di konsumsi obatnya, makasih sebelumnya dokter...