Sukses

Ini yang Terjadi pada Tubuh Kita Saat Berpuasa

Saat berpuasa, tubuh kita akan mengalami beberapa perubahan. Apa saja perubahan-perubahan tersebut?

Berpuasa mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut sudah  dibuktikan di dalam penelitian yang dilakukan di Pakistan dan telah dipublikasikan di Journal of Pakistan Medical Association.

Kegiatan berpuasa ini menyebabkan terjadinya perubahan fisiologis, biokimia,  metabolik,   dan   spiritual   di   dalam   tubuh   kita.   Di   dalam   penelitian tersebut,   disebutkan beberapa manfaat yang didapatkan oleh tubuh kita ketika berpuasa, yakni:

  • Meningkatnya jumlah sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.
  • Meningkatnya kadar kolesterol baik  dan menurunkan kadar kolesterol jahat, dan trigliserida. Hal tersebut secara tidak langsung menurunkan risiko penyakit jantung koroner pada seseorang.
  • Menurunkan   berat   badan,   lingkar   pinggang,   indeks   massa   tubuh, lemak tubuh, gula darah, tekanan darah sistolik dan diastolik.
  • Menurunkan tingkat stres tubuh seseorang.
  • Memperbaiki parameter koagulasi darah.
  • Menurunkan komponen-komponen proradang yang bisa menyebabkan kanker.

Pada orang dewasa, tidak ada efek buruk yang ditimbulkan kegiatan berpuasa bagi otak, jantung, paru, hati, ginjal, sistem darah dan hormonal. Dengan kata lain,   kegiatan berpuasa mendatangkan berbagai manfaat bagi tubuh kita. Akan tetapi, bagi Anda yang menderita   beberapa   penyakit,   seperti   kencing   manis, jantung koroner, ginjal, dan   mata   harus   lebih   mengonsultasikan  penyakit kepada dokter sebelum menjalankan puasa. 

0 Komentar

Belum ada komentar