Sukses

Kiat Agar Tidak Mudah Sakit Saat Berpuasa

Pada bulan Ramadan, penting sekali untuk menjaga kesehatan agar ibadah bisa tetap berjalan lancar. Simak kiat-kiatnya di sini, yuk!

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadan, bulan yang sangat ditunggu-tunggu kedatangannya oleh umat Islam. Tentunya Anda harus bisa menjaga kesehatan selama bulan puasa agar ibadah kuat, tubuh sehat, dan dapat pahala.

Pada bulan Ramadan, terdapat beberapa kebiasaan yang berubah, seperti pola makan dan pola tidur. Apabila kita tidak melakukannya dengan benar, maka bisa-bisa kita malah jatuh sakit. Padahal, penelitian menunjukan, ibadah puasa pada bulan Ramadan jika dilakukan dengan benar, justru akan mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Nah, di bawah ini adalah beberapa kiat menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah puasa:

  • Minum air putih yang cukup

Saat berpuasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan dan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, kita harus banyak minum air putih ketika berbuka sampai dengan imsak tiba, sehingga kebutuhan cairan yang hilang dapat tergantikan.

  • Makan sayur dan buah

Sayur dan buah banyak mengandung berbagai macam vitamin dan zat gizi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, konsumsi sayur dan buah akan membuat Anda lebih berenergi ketika berpuasa.

  • Kurangi konsumsi teh, kopi, dan minuman bersoda

Sebaiknya kurangi konsumsi minuman kemasan selain air putih, karena mempunyai dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah membuat ginjal bekerja lebih keras dan urine menjadi lebih pekat.

  • Menu sahur dan berbuka yang sehat

Pilihlah menu makanan yang sehat ketika berbuka dan sahur. Makanan berenergi tinggi sangat diperlukan oleh tubuh sebagai cadangan energi, agar kita bisa menjalani puasa dengan baik keesokan harinya. Hindari makanan yang tidak sehat, seperti junk food dan minuman kemasan.

  • Tetap berolahraga

Puasa bukan berarti membatasi diri kita untuk berolahraga. Olahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh, memperlancar peredaran darah, dan memperbaiki metabolism.

  • Cukup tidur

Biasanya ketika bulan Ramadan, jam tidur kita akan semakin berkurang, padahal tidur merupakan salah satu pilar penting kesehatan. Oleh karena itu, Anda harus mengatur waktu tidur sebaik mungkin. Perhatikan kuantitas dan kualitas tidur Anda. Bila perlu, sempatkan tidur siang agar tubuh terasa lebih segar.

  • Konsultasi ke dokter

Apabila Anda memiliki masalah kesehatan, segeralah konsultasikan kepada dokter agar kesehatan Anda bisa tetap terjaga sampai hari raya Idul Fitri.

0 Komentar

Belum ada komentar