Sukses

Serangan Jantung di Usia Muda

Serangan jantung yang kabarnya menjadi penyebab kematian artis muda belakangan ini sedang marak diperbincangkan. Sebenarnya, mengapa serangan jantung dapat terjadi pada orang yang masih berusia muda? Berikut ulasannya.
Kabar mengejutkan baru saja terdengar di dunia selebriti. Artis cantik Irena Justine yang tahun ini masih berusia 23 tahun telah menghembuskan napas terakhirnya. Kejadian ini terjadi dengan sangat mendadak, tanpa diketahui adanya riwayat penyakit tertentu pada artis tersebut sebelumnya.

Tentu saja, kejadian yang menimpa artis cantik ini amat mengagetkan kerabat sekitarnya. Apalagi setelah diketahui dari pemeriksaan di rumah sakit bahwa Irena Justine meninggal karena serangan jantung.

Penyakit jantung yang selama ini dikenal dengan orang tua sebagai mayoritas penderitanya, ternyata juga bisa merenggut nyawa wanita yang masih berumur 23 tahun.

Mengapa beberapa orang dengan usia yang relatif masih muda dapat terkena serangan jantung? Apa penyebabnya, dan bagaimana cara mencegahnya?

Serangan Jantung dan Usia

Perlu diketahui, rata-rata serangan jantung dialami oleh pria atau wanita dengan rentang umur 50-60 tahun. Inilah mengapa banyak orang yang berpikiran bahwa penyakit jantung adalah penyakit untuk para orang tua. Namun ternyata, sebanyak 4% sampai 10% dari total serangan jantung terjadi sebelum usia 45 tahun.

Penyebab Serangan Jantung

Penyebab paling sering serangan jantung pada usia muda adalah aterosklerosis. Ateroskeloris adalah kondisi di mana terjadi penyempitan dan pengerasan di dalam pembuluh darah arteri akibat beberapa hal. Salah satu hal yang dapat menyebabkan hal ini adalah kandungan kolesterol atau gula yang tinggi di dalam darah, yang diperburuk dengan kebiasaan atau gaya hidup yang buruk, misalnya kebiasaan merokok.

Pada penderita diabetes atau gula darah yang tinggi, disertai dengan kebiasaan merokok dapat memperburuk keadaan pembuluh darah penderita. Dan dalam keadaan pembuluh darah yang rusak tersebut, maka dinding pembuluh darah dapat menarik kolesterol yang berlebih di dalam darah untuk membentuk plak yang semakin lama akan semakin tebal dan menyumbat peredaran darah orang tersebut.

Penyebab paling sering serangan jantung pada usia muda adalah karena gaya hidup yang buruk. Sering mengonsumsi makanan cepat saji, kurangnya olahraga, serta kebiasaan merokok adalah beberapa penyebab dari timbulnya penyakit jantung di usia muda yang paling banyak ditemui belakangan ini.

Cara Mencegah Serangan Jantung

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari serangan jantung di usia muda adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi, olahraga secara rutin dan teratur, istirahat yang cukup, serta hindari rokok.

0 Komentar

Belum ada komentar