Sukses

Lidah Mencerminkan Kondisi Kesehatan Anda

Lidah merupakan bagian dari rongga mulut yang ternyata juga dapat mencerminkan kondisi kesehatan seseorang. Lalu, kondisi lidah seperti apa yang dimaksud? Berikut ulasan dari drg. Arni Maharani.

Lidah merupakan salah satu anggota tubuh yang berada di dalam rongga mulut, yang ternyata dapat mencerminkan kesehatan tubuh kita. Lidah dikatakan dapat mencerminkan kesehatan adalah karena perubahan warna  yang terjadi pada lidah dapat mengindikasikan adanya suatu kelaian atau penyakit infeksi pada lidah itu sendiri atau pada tubuh.

Tidak hanya itu, perubahan warna pada lidah biasanya juga disertai dengan gejala dan gangguan kesehatan lainnya. Nah, jika tubuh Anda sehat, biasanya warna lidah yang muncul adalah merah muda dengan papilla, atau tonjolan-tonjolan pada lidah, yang berukuran kecil.

Lalu, bagaimana dengan warna lidah yang menunjukan adanya masalah kesehatan?

Berikut ini akan dibahas tentang perubahan warna pada lidah dan masalah kesehatan yang terjadi:

1.    Warna lidah kemerahan

Warna lidah kemerahan dapat menandakan adanya:

  • Scarlet fever. Gejalanya berupa lidah yang kemerahan dan demam yang tinggi.
  • Kekurangan vitamin. Kekurangan vitamin B12 dan asam folat akan menyebabkan lidah berwarna kemerahan.
  • Geographic tongue. Tampilan pada lidah menjadi seperti bercak-bercak kemerahan dengan batas putih. Apabila hal ini terjadi lebih dari dua minggu dan sakit, maka kondisi ini sebaiknya diperiksakan ke dokter gigi.
  • Sindrom Kawasaki. Penyakit yang timbul pada anak ini akan menyebabkan demam yang tinggi jika telah parah, dan juga menyebabkan kemerahan dan bengkak pada kaki maupun tangan.

2.    Warna lidah putih

Warna lidah putih dapat menandakan adanya:

  • Infeksi jamur/Thrush. Warna keputihan pada lidah ini disebabkan oleh jamur candida. Selain bisa timbul di dalam mulut, infeksi jamur candida juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya, seperti pada organ vital wanita. Infeksi ini biasanya muncul pada penderita diabetes, orang yang memakai gigi palsu, akibat terapi antibiotik, pasien  dengan sistem kekebalan tubuh yang sangat lemah dan pada bayi.
  • Leukoplakia. Bercak putih pada lidah bisa terkait dengan kondisi iritasi kronis, HIV/AIDS, kanker. Selain itu, bercak putih pada lidah juga ditemukan pada pengguna produk tembakau.
  • Oral lichen planus. Merupakan suatu jenis peradangan kronis. Pada beberapa kasus, terdapat keluhan berupa permukaan lidah yang kasar dan terkadang dapat sembuh dengan sendirinya.

3.    Warna lidah kehitaman

Warna lidah kehitaman dapat menandakan adanya:

  • Black hairy tongue. Kondisi ini disebabkan oleh papilla lidah yang memanjang, yang disertai pertumbuhan bakteri. Selain itu, kondisi ini juga bisa terjadi karena didukung oleh kebiasaan yang tidak baik, seperti tidak menjaga kebersihan rongga mulut dan merokok. Kondisi ini biasanya tidak berbahaya.

4.    Warna lidah kekuningan

Warna lidah kekuningan dapat menandakan adanya:

  • Penyakit ginjal dan batu empedu. Lidah kekuningan terkadang menjadi pertanda dari penyakit ginjal dan batu empedu. Selain itu, warna lidah kekuningan juga bisa menjadi gejala awal dari black hairy tongue. 

0 Komentar

Belum ada komentar