Sukses

Telinga Berbau Tidak Sedap, Apa Penyebabnya?

Telinga Anda tiba-tiba berbau tidak sedap. Anda bahkan baru menyadarinya. Tapi jangan panik dulu sebelum baca artikel ini!

Kebanyakan dari kita tentu tidak menyadari jika telinga kita mengeluarkan bau. Berbeda dengan bau kaki yang langsung Anda sadari. Namun pada kondisi tertentu telinga dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap. Pada kondisi apa sajakah itu?

Infeksi telinga

Infeksi telinga bagian tengah dan luar merupakan penyebab paling umum dari bau pada telinga. Biasanya disertai cairan nanah atau pus yang memiliki bau menyengat dan bercampur dengan kotoran telinga. Infeksi bakteri paling sering menyebabkan telinga berbau. Baunya biasanya khas dan agak amis. Selain itu, infeksi jamur di telinga juga dapat menyebabkan telinga berbau, namun baunya tidak terlalu menyengat seperti halnya pada infeksi bakteri.

Kebersihan telinga tidak terjaga

Telinga yang sehat dapat membersihkan "dirinya" sendiri. Anda tidak perlu membersihkan kotoran telinga Anda dengan cotton bud atau benda lainnya. Kotoran telinga akan keluar sendiri secara konstan dan biasanya tidak terlihat secara kasat mata. Namun jika ada bau yang keluar dari bagian tubuh tertentu, yang pertama kali harus dipikirkan tentu adalah sudah bersihkah diri Anda. Bau pada telinga tidak berasal dari keringat, debu atau sel kulit mati, namun dari bakteri yang mengonsumsi komponen ini dan kemudian mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Kolesteatoma

Kolesteatoma merupakan kondisi di mana keratin (protein kulit) menyumbat telinga bagian tengah. Seiring dengan waktu, kolesteatoma dapat berkembang dan merusak jaringan telinga dan tulang tengkorak di sekitarnya. Pada stadium awal gejalanya dapat berupa berkurangnya pendengaran dan terdapat cairan berbau yang keluar dari telinga.

Benda asing

Benda asing di dalam telinga bisa bermacam-macam. Kondisi ini paling sering dialami oleh anak-anak, karena mereka sering kali memasukkan benda tertentu ke dalam telinga. Benda asing yang masuk di dalam telinga dapat menyebabkan infeksi. Bergantung dari ukuran benda tersebut, dapat pula menyebabkan gangguan pendengaran.

Tumor

Walaupun jarang menyebabkan telinga berbau, namun pada beberapa kasus tumor sering kali menyebabkan keluarnya bau dari telinga. Tumor ganas (kanker) dapat menyerang jaringan yang sehat dan menyebabkan terjadinya luka yang kemudian menyebabkan infeksi bakteri. Kondisi ini kemudian akan memicu pengeluaran cairan nanah dari telinga yang disertai bau.

Jika Anda mengalami keluhan pada telinga, hindari memasukkan benda tertentu, membersihkan telinga (misalnya dengan cotton bud) atau mencoba mengobati sendiri. Hal tersebut dapat memperparah kondisi Anda dan justru dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut. Untuk itu, jika Anda mengalami keluhan segeralah berkonsultasi dengan dokter. 

0 Komentar

Belum ada komentar