Sukses

Inilah Segudang Manfaat Buah Raspberry

Raspberry adalah buah yang kaya antioksidan, serat, dan nutrisi penting lainnya. Ini manfaat raspberry bagi kesehatan.

Raspberry adalah salah satu buah jenis beri dengan warna yang memikat dan rasa yang manis. Tak hanya itu, banyak penelitian telah membuktikan manfaat raspberry bagi kesehatan. Ini berkat kandungan antioksidan, serat, vitamin, mineral, dan nutrisi penting lain yang ada di dalamnya.

Buah raspberry memiliki beberapa manfaat, di antaranya untuk menurunkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, serta membuat kulit lebih sehat serta bercahaya.

Untuk lebih jelasnya, simak beragam manfaat buah raspberry bagi kesehatan berikut ini:

1 dari 5 halaman

1. Bagus untuk Otak

Beberapa penelitian pada hewan telah memperlihatkan hubungan positif antara  konsumsi flavonoid pada buah raspberry dengan perbaikan memori.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin memiliki otak yang tetap sehat hingga tua nanti, mulailah untuk mengonsumsi raspberry secara rutin.

2. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa makanan kaya flavonoid, seperti raspberry, menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Artikel Lainnya: Kenali Manfaat Aneka Jenis Buah Berry bagi Kesehatan Anda

Flavonoid yang terkandung pada raspberry, khususnya anthocyanin, juga terbukti dapat menekan inflamasi yang bisa memicu penyakit kardiovaskular.

2 dari 5 halaman

3. Menghalau Kanker

Salah satu klaim manfaat raspberry adalah mampu mencegah penyakit kanker. Ini dikarenakan raspberry memiliki zat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas sekaligus menghambat tumbuhnya tumor.

Polifenol yang ada dalam raspberry juga dianggap dapat membantu mengurangi risiko kanker, seperti kanker paru-paru, kanker mulut, dan kanker prostat.

4. Membantu Menangani Diabetes

Mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti raspberry, membantu menjaga gula darah dalam tubuh agar tetap stabil.

Sebuah studi memperlihatkan bahwa pasien diabetes tipe 1 yang mengonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar gula darah yang lebih rendah.

Artikel Lainnya: Segudang Manfaat Buah Blueberry untuk Ibu Hamil

3 dari 5 halaman

5. Memelihara Fungsi Sistem Pencernaan

Kandungan serat pada raspberry dapat membantu mencegah sembelit dan memelihara fungsi saluran pencernaan. Serat yang cukup akan membuat buang air besar lebih teratur.

Selain itu, serat dapat membantu mengelola tekanan darah serta mendukung diet Anda. Jadi, jika ingin pencernaan Anda lancar dan sehat, jangan sepelekan manfaat raspberry yang satu ini.

6. Melindungi Mata

Raspberry menyimpan kandungan antioksidan yang dapat menapis sinar blue light. Hal ini dianggap mampu melindungi mata dari terjadinya degenerasi makula terkait usia.

4 dari 5 halaman

7. Baik untuk Kesehatan Kulit

Buah raspberry mengandung tinggi vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan juga sendi. Ini dikarenakan vitamin C merupakan nutrisi yang sangat baik dalam penyusun pembentukan kolagen.

8. Bagus untuk Kehamilan

Manfaat raspberry juga berhubungan dengan kehamilan. Pasalnya, folat dalam raspberry diperlukan untuk pembelahan sel yang tepat. Selama kehamilan, folat juga dapat mendorong pertumbuhan bayi yang belum lahir hingga janin agar lebih sehat, serta mengurangi risiko kecacatan.

Raspberry, seperti buah beri lainnya, mengandung vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Ini semua bermanfaat bagi kesehatan. Seperti bahan sehat lainnya, raspberry dapat bermanfaat sebagai bagian dari diet seimbang dan bergizi.

Untuk mendapatkan manfaat raspberry yang optimal, penting juga untuk melakukan pola hidup sehat lainnya, seperti minum air putih yang cukup, tidak merokok, berolahraga secara teratur, dan lainnya.

Perlu diingat juga bahwa makanan dan minuman yang mengandung tambahan gula, lemak, dan bahan lainnya tidak mungkin memberikan manfaat kesehatan yang sama seperti raspberry. Raspberry yang segar dan polos akan lebih menyehatkan daripada raspberry olahan, yang mengandung krim dan tambahan gula.

Baca artikel kesehatan yang menarik lainnya hanya di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui fitur Live Chat 24 jam.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar