Sukses

Inilah Segudang Manfaat Buah Raspberry

Buah raspberry, selain rasanya enak, ternyata juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat buah raspberry bagi orang yang mengonsumsinya? Berikut info medis dari dr. Muhammad Anwar Irzan.

Buah raspberry adalah salah satu buah jenis berry yang telah dibuktikan oleh banyak penelitian memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh orang yang mengonsumsinya. Buah raspberry memiliki beberapa manfaat, di antaranya untuk menurunkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung dan kematian secara keseluruhan, serta membuat kulit lebih sehat.

Selain itu, buah raspberry juga memiliki beberapa manfaat lain bagi tubuh, yakni:

  1. Manfaat untuk Otak

Beberapa penelitian preklinik pada hewan telah menunjukkan korelasi positif antara asupan flavonoid pada buah raspberry dan perbaikan memori, serta mengurangi penurunan kemampuan kognitif karena proses penuaan.

  1. Kesehatan jantung

Sebuah penelitian terbaru dalam Journal of Clinical Nutrition Amerika menjelaskan bawhwa asupan makanan kaya flavonoid, seperti raspberry, menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Flavonoid yang terkandung pada raspberry, khususnya anthocyanin, telah terbukti berguna menekan peradangan yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Selain itu, kandungan polifenol yang tinggi dalam raspberry juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan mencegah penumpukan platelet dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi melalui mekanisme antiinflamasi.

  1. Pencegah kanker

Raspberry mengandung antioksidan kuat yang bekerja melawan radikal bebas, menghambat pertumbuhan tumor, dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Raspberry memiliki polifenol kuat yang dapat melindungi tubuh terhadap penyakit jantung, juga membantu mengurangi risiko kanker – seperti kanker esophageal, paru-paru, mulut, faring, endometrium, pankreas, prostat dan colon.

  1. Pengobatan diabetes

Mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti raspberry, membantu menjaga gula darah stabil. Penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi diet tinggi serat akan memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah.

0 Komentar

Belum ada komentar