Sukses

Bisakah Karang Gigi Dibersihkan Secara Alami?

Karang gigi perlu dibersihkan agar tidak menumpuk. Namun, apakah bisa menghilangkan karang gigi secara alami?

Karang gigi merupakan kotoran yang menempel pada gigi yang bila dibiarkan dampaknya bisa berbahaya. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa selain bisa membuat gigi menjadi goyang dan lepas, karang gigi juga dihubungkan dengan risiko penyakit jantung. 

Sampai saat ini, sebagian orang masih belum betul-betul paham mengenai karang gigi dan cara pembersihannya. Karang gigi teksturnya sangat keras, melekat sangat erat pada permukaan gigi. Karena itu, karang tidak dapat dibersihkan dengan cara alami, misalnya hanya dengan menyikat gigi atau dental floss.

Karang gigi hanya dapat dibersihkan dengan alat khusus, yang dioperasikan oleh dokter gigi. Jadi, jika ingin membersihkan karang gigi, maka lakukanlah di dokter gigi setiap enam bulan sekali.

Satu-satunya cara membersihkan karang gigi secara alami yang masih dapat kita lakukan adalah dengan membersihkannya pada saat karang gigi masih lunak, berbentuk plak gigi. Dengan ini, pembentukan karang gigi dapat dicegah. Nah, berikut adalah cara menghilangkan karang gigi secara alami:

1. Menyikat Gigi  

Sikatlah gigi Anda sebanyak dua kali sehari dan cukup dilakukan selama dua menit. Cara ini terbukti efektif dalam membersihkan gigi dari sisa makanan, plak gigi, maupun debris. Jangan lupa juga untuk menyikat lidah supaya bebas dari bau mulut!

Artikel Lainnya: Yuk, Ketahui Bedanya Plak dan Karang Gigi

1 dari 4 halaman

2. Menggunakan Pasta Gigi Berfluoride

Fluoride tidak hanya berfungsi untuk melindungi dan memperkuat lapisan email gigi, tetapi juga menetralkan keasaman/ pH plak gigi sehingga mencegah pertumbuhan bakteri penyebab karies gigi.

3. Menggunakan Mouthwash 

Penggunaan mouthwash dapat membantu membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau sikat gigi. Pemilihan mouthwash untuk menjaga kebersihan rongga mulut harus tepat.

Untuk membersihkan plak gigi dan sisa makanan, bisa pilih mouthwash dengan kandungan propolis dan green tea. Namun, pemakaian mouthwash tidak perlu setiap hari karena kandungan antiseptik di dalamnya bisa merusak keseimbangan flora normal di dalam mulut. Akibatnya, jumlah flora jamur akan meningkat.

4. Membersihkan Gigi dengan Benang Gigi atau Dental Floss

Salah satu cara menghilangkan karang gigi secara alami adalah dengan menggunakan dental floss.

Ya, dental floss berguna untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi. Dengan demikian, plak gigi tidak akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi. Anda dapat menggunakan dental floss minimal satu kali per hari. 

Artikel Lainnya: Mengapa Terasa Ngilu Saat Karang Gigi Dibersihkan?

2 dari 4 halaman

5. Menghindari Makanan dan Minuman Manis

Sebisa mungkin, hindari ngemil yang manis-manis terutama di sela-sela jam makan besar. Karena dapat meningkatkan jumlah bakteri S. Mutans dan lactobacillus di dalam plak gigi, bakteri penyebab karies gigi. 

Selain itu, dapat mencegah siklus pH plak gigi yang turun, supaya tidak terjadi berulang-ulang.

6. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Cobalah untuk rutin mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya, sebagai cara menghilangkan karang gigi secara alami.

Konsumsi buah yang mengandung serat dapat merangsang produksi air liur, sehingga otomatis bisa membantu membersihkan permukaan gigi. Apalagi buah dan sayur banyak mengandung vitamin, yang berfungsi menyehatkan gusi.

7. Mengunyah Permen Karet Bebas Gula

Kunyahlah permen karet bebas gula untuk merangsang produksi air liur Anda.  Cara ini dapat membersihkan gigi dari sisa makanan, mengembalikan mineral gigi yang hilang, serta menetralkan pH mulut menjadi normal kembali.

8. Kurangi dan Hindari Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok ternyata bisa menyebabkan terjadinya karang gigi lebih banyak, dibandingkan mereka yang tidak merokok. 

Zat nikotin di dalam rokok memengaruhi kelenjar eksokrin, ditandai dengan meningkatnya aliran air liur dalam mulut. Kalsium fosfat yang banyak terdapat dalam karang gigi itu berasal dari air liur. 

Artikel Lainnya: 5 Makanan untuk Kesehatan Gigi dan Gusi

3 dari 4 halaman

9. Memperhatikan Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Pola dan pemilihan makanan yang dikonsumsi juga dapat memengaruhi kesehatan gigi. Misal, semakin banyak makanan manis yang dikonsumsi, maka jumlah bakteri yang ada di mulut juga akan semakin banyak.

Jangan lupa juga untuk selalu berkumur dengan air putih, terutama sehabis makan. Alangkah lebih baik lagi jika Anda membersihkan gigi sehabis makan makanan manis.

10. Rutin Memeriksakan Gigi ke Dokter

Bertemu dengan dokter bukan hanya saat akan mencabut atau gigi sedang berlubang saja. Dengan rutin berkonsultasi dan bertemu dokter gigi, dokter dapat membantu Anda untuk membersihkan karang gigi yang sudah telanjur bersarang.

11. Mengunyah Daun Sirih

Cara menghilangkan karang gigi secara alami lainnya adalah dengan mengunyah daun sirih. 

Masih ingat tentunya dengan kebiasaan nenek moyang yang suka mengunyah sirih? Ternyata, di balik kuningnya gigi, gigi para orang terdahulu cenderung lebih sehat dan kuat. Terlebih lagi daun sirih juga dapat menghilangkan bau mulut.

12. Manfaatkan Jus Lemon

Selain untuk diminum, jus lemon dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan plak pada gigi. Kadar asam jeruk lemon juga dapat membuat gigi lebih putih. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat menggunakan air perasan jeruk lemon untuk menyikat gigi. Namun, jangan terlalu sering digunakan karena dapat menyebabkan erosi gigi.

Jika karang gigi tidak rutin dibersihkan, maka bakteri dan plak gigi dapat menyebabkan karies gigi, radang gusi atau radang jaringan penyangga gigi. Karena itu, bersihkan karang gigi Anda di dokter gigi tiap enam bulan sekali. 

Cari tahu informasi lainnya mengenai kesehatan gigi dan mulut dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Live Chat 24 Jam.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar