Sukses

Benarkah Baby Walker Dapat Bantu Anak Cepat Berjalan?

Baby walker dianggap sebagai jalan pintas agar anak dapat cepat berjalan. Namun, benarkah baby walker dapat bantu anak cepat berjalan? Berikut ulasannya.

Baby walker banyak digunakan oleh orangtua yang berkeinginan agar anaknya segera dapat berjalan. Baby walker digunakan dengan tujuan memacu gerak motorik kasar dalam perkembangan anak agar anak tersebut dapat cepat berjalan.

Namun tanpa disadari, penggunaan baby walker ini ternyata dapat membahayakan bagi bayi yang menggunakannya.

Baby walker terdiri dari kerangka keras beroda. Ketika baby walker ini digunakan, bayi diletakkan pada sling dengan meja mainan di depannya. Setelah bayi berada di atas baby walker, bayi bergerak dengan mendorong ke depan menggunakan jari kakinya, dan terkadang bayi berjinjit sambil bersandar pada meja.  

Berdasarkan penelitian di Amerika, hingga 8800 bayi berusia dibawah 15 bulan mengalami kecelakaan akibat penggunaan baby walker sehingga bayi tersebut harus dirawat di rumah sakit bagian gawat darurat. Selain itu, dilaporkan juga sebanyak 34 bayi meninggal akibat kecelakaan ketika menggunakan baby walker, yang sebagian besar karena jatuh dan cedera kepala.

Mengapa Penggunaan Baby walker Berbahaya ?

Apabila penggunaan baby walker pada bayi tidak diawasi secara penuh oleh orangtua atau pengurus anak, maka penggunakan baby walker sebenarnya dapat menimbulkan risiko tersendiri.

Beberapa hal yang mungkin dapat terjadi ketika bayi menggunakan baby walker tanpa diawasi, di antaranya:

  • Baby walker terjatuh dari tangga.
  • Baby walker tersandung pada permukaan yang tidak rata
  • Bayi yang menggunakan baby walker dapat menggapai alat penghangat atau tempat berapi
  • Bayi yang menggunakan baby walker dapat mencapai lemari/laci hingga tangannya dapat terjepit
  • Bayi yang menggunakan baby walker dapat mencapai minuman panas atau alat setrika di meja yang tinggi

Beberapa hal tersebut mungkin saja terjadi. Pasalnya, bayi masih belum mengerti apa yang berbahaya baginya dan apa yang tidak. Selain itu, penggunaan baby walker itu sendiri memungkinkan bayi untuk bergerak secara bebas untuk mendekati benda/tempat yang berada di sekitarnya.

Beberapa risiko yang dapat dialami oleh bayi ketika ia menggunakan baby walker tanpa pengawasan, antara lain:

  • Cedera kepala
  • Patah tulang
  • Luka-luka, bahkan luka bakar

Lalu, Apakah Baby Walker Bermanfaat dalam Membantu Bayi Agar Cepat Berjalan?

Sebenarnya, baby walker tidak menolong bayi untuk dapat berjalan lebih cepat daripada bayi yang tidak memakai baby walker ini. Namun, baby walker justru mengurangi keinginan anak untuk berjalan. Karena baby walker menyediakan alternatif, yakni roda, yang dapat memudahkan bayi untuk bergerak.

Selain itu, baby walker juga menguatkan otot yang salah. Kedua tungkai bawah memang diperkuat karena pemakaian baby walker, tetapi tungkai atas (paha) dan pinggul tetap tidak terlatih. Padahal tungkai atas dan pinggul sangat penting untuk berjalan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan Baby walker tidak terlalu bermanfaat untuk melatih anak berjalan.

0 Komentar

Belum ada komentar