Sukses

Fakta Seputar Kalori

Kalori merupakan salah satu zat gizi yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi. Ketahui fakta seputar kalori bersama dr. Atika berikut ini.

Baner Fitbar

Bila membahas seputar upaya penurunan berat badan, maka pembahasan tidak akan jauh dari kata “Kalori”.

“Ketahui kebutuhan kalori Anda!”, “Pilihlah makanan rendah kalori!”, “Kurangi jumlah kalori di makanan Anda!”, dan masih banyak lagi jargon-jargon khas program diet lainnya.

Apa itu kalori?

Kata “Kalori” awalnya digunakan di Prancis sekitar awal tahun 1800. Dalam pandangan imu pengetahuan, 1 kilokalori (Kkal) adalah jumlah energi yang dibutuhkan untuk meningkatkan suhu 1 kg air sebanyak 1° Celcius.

Dalam pandangan nutrisi, secara sederhana kalori merupakan banyaknya energi yang kita peroleh dari makanan. Zat gizi dalam makanan yang memberikan energi adalah karbohidrat (4 kalori per gram), protein (4 kalori per gram), dan lemak (9 kalori per gram). Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung 3 zat gizi tersebut, tubuh dapat memperoleh energi yang memberikan manfaat mulai dari hal terkecil, seperti agar sel-sel tubuh berfungsi dengan baik, hingga agar kita mampu melakukan aktivitas sehari-hari.

Selain itu, vitamin, mineral, dan serat juga termasuk sebagai gizi dalam makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, ketiga jenis zat gizi ini tidak memiliki kalori.

Saat Anda mengonsumsi 1 piring makanan yang mengandung karbohidrat – misalnya nasi, protein dan lemak – misalnya daging ayam, maka total kandungan karbohidrat, lemak dan protein yang ada akan menjadi total kalori yang Anda konsumsi.

Anda tidak perlu susah-susah menghitung kalori yang berasal dari makanan satu per satu setiap harinya. Pasalnya, berbagai sumber konversi kalori (jumlah kalori dalam berbagai macam makanan) dapat Anda temukan dengan mudah zaman sekarang ini.

Apa hubungan antara kalori dengan upaya penurunan berat badan?

Saat seseorang mengonsumsi makanan dan memperoleh energi, maka energi tersebut akan terpakai saat beraktivitas. Namun dalam beberapa kondisi, seperti:

  1. Makanan yang dikonsumsi mengandung terlalu banyak kalori dibandingkan dengan jumlah kalori yang dibutuhkan
  2. Jarang melakukan aktivitas fisik, kebanyakan hanya beraktivitas ringan dan jarang bergerak

Maka kalori yang berlebihan dari makanan tersebut akan disimpan oleh tubuh dalam berbagai bentuk cadangan makanan, yakni glikogen, protein, dan lemak.

Saat seseorang kelebihan berat badan, kemungkinan besar terdapat cadangan lemak yang terlalu banyak di dalam tubuhnya. Hal ini bermula dari mengonsumsi kalori secara berlebihan, dan jarang melakukan aktivitas fisik.

Saat kita perhatikan jumah kalori dalam gram pada tiap jenis zat gizi yang dituliskan di atas, maka jelaslah bahwa makanan yang mengandung lemak memiliki kalori terbanyak. Dengan kata lain, risiko kelebihan kalori semakin meningkat saat Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung lemak.

Jadi, apakah kalori merupakan hal yang buruk?

Jawabannya, tidak. Jelas bahwa setiap sel, hingga sel terkecil sekalipun, di dalam tubuh Anda membutuhkan kalori agar dapat bekerja dan berfungsi secara sempurna. Dengan kata lain, Anda tidak mampu hidup tanpa kalori.

Masalah terkait kalori yang muncul adalah saat terjadinya konsumsi kalori secara berlebihan. Oleh sebab itu, meskipun sedang dalam program penurunan berat badan, bukan berarti Anda sepenuhnya diwajibkan untuk menghindari konsumsi kalori.

Bagaimana dengan kelebihan kalori yang sudah terbentuk dan tersimpan dalam tubuh?

Yang Anda butuhkan adalah menggunakan cadangan kalori tersebut untuk melakukan aktivitas Anda guna “membakar kalori” yang tersimpan di tubuh Anda.

Salah satu cara untuk “membakar kalori” yang tersimpan di dalam tubuh Anda adalah dengan berolahraga. Oleh karena itu, berolahragalah dengan rutin setiap hari.

Di satu sisi, tetaplah untuk menghindari konsumsi kalori yang berlebihan agar tidak kembali menjadi cadangan makanan di dalam tubuh Anda dan membuat tubuh Anda terlihat bergelambir.

Demikianlah fakta seputar kalori yang dapat Anda jadikan pedoman untuk mengenal dan memahami apa yang sebenarnya dimaksud dengan kalori.

Bagi Anda yang ingin menurunkan, mempertahankan, maupun meningkatkan berat badan, pengetahuan seputar kalori ini dapat Anda jadikan pijakan awal sebelum Anda memulai langkah selanjutnya.

0 Komentar

Belum ada komentar