Sukses

Cara Alami Mencegah Radang Amandel

Angka kekambuhan radang amandel sangatlah tinggi. Jika tidak mampu menjaga kesehatan kita akan sering menderita penyakit tersebut, sehingga produktivitas pun bisa menurun. Lalu, apa saja langkah untuk mencegah radang amandel ini?

Tonsilitis atau radang amandel kadang mengakibatkan pembengkakan pada amandel, sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri saat menelan. Hal ini tidak dapat dianggap sepele, apalagi jika sudah kronis, karena bisa menyebabkan kurang optimalnya pertumbuhan sel dan jaringan otak bagi anak.

Bagi orang dewasa, khususnya usia produktif, radang amandel akan menyebabkan produktivitas menurun. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mencegah agar terhindar dari radang amandel.

Berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah radang amandel:

Rutin berolahraga

Olahraga dapat menjaga kesehatan serta meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang baik akan mencegah virus dan kuman menginfeksi tubuh kita, termasuk virus dan kuman penyebab peradangan amandel. Olahraga yang disarankan oleh dokter yaitu berjalan selama 30 menit setiap hari. Namun demikian, olahraga lain yang melibatkan aktivitas fisik juga sangat disarankan.

Konsumsi makanan bergizi

Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, yakni sesuai jumlah karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jangan lupa untuk memilih makanan yang mengandung antioksidan tinggi (jeruk, wortel, jambu, dsb), karena dapat mencegah kita dari penularan berbagai macam penyakit. Sebaliknya, pola makan yang buruk dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun, sehingga kita sangat mudah untuk terinfeksi berbagai macam penyakit.

Stop merokok

Asap rokok secara langsung dapat menyebabkan peradangan pada amandel. Secara tidak langsung, asap rokok yang mengandung oksidan tinggi dapat menurunkan daya tahan tubuh, sehingga amandel sangat mudah untuk mengalami peradangan. Jika Anda bukanlah seorang perokok maka jauhilah orang yang merokok di sekitar Anda, karena memberikan efek yang sama buruknya bagi kesehatan Anda seperti pada perokok aktif lainnya.

Mencuci tangan

Rutin mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dapat mengurangi risiko tertular berbagai penyakit infeksi, termasuk infeksi pernapasan atas hingga 45%. Mencuci tangan yang sangat disarankan adalah cara cuci tangan enam langkah WHO.

Gunakan masker

Gunakanlah masker di lingkungan orang yang sedang terkena influenza, demam, dan/atau orang sakit yang sudah positif menderita radang amandel. Karena penularan radang amandel dapat ditularkan melalui liur dan uap napas sang penderita. Usahakan gunakan juga masker saat di kendaraan umum, karena kendaraan umum merupakan salah satu tempat penularan penyakit terutama penyakit saluran pernapasan.

Ingat, jika Anda terserang radang amandel, istirahatlah yang cukup, perbanyak konsumsi air putih hangat serta makanan bergizi, dan tidak lupa untuk periksakan penyakit Anda kepada dokter.

 

1 Komentar