Sukses

Cara Alami Mencegah Radang Amandel

Radang amandel tentu saja membuat Anda tidak nyaman ketika menelan. Bagaimana cara mencegahnya? Yuk, simak cara mencegah radang amandel berikut ini.

Tonsilitis atau radang amandel dapat mengakibatkan amandel jadi bengkak membesar. Akibatnya, bisa timbul rasa nyeri di tenggorokan saat makan, minum, atau bahkan sekadar menelan ludah. Kondisi ini tidak boleh dianggap sepele, apalagi jika sudah kronis (berlangsung lama).

Sebab, mungkin saja radang amandel harus segera ditangani dengan tonsilektomi (operasi pengangkatan amandel). Bagi orang dewasa, khususnya usia produktif, radang amandel akan menyebabkan produktivitas menurun.

Oleh karena itu, penting untuk tahu cara mencegah dan jangan sampai menjalani operasi pengangkatan amandel. Berikut adalah cara-cara mencegah radang amandel:

1 dari 5 halaman

1. Rutin Berolahraga

Olahraga dapat menjaga kesehatan serta meningkatkan kekebalan tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang baik dapat mencegah tubuh dari serangan kuman dan virus, termasuk yang menyebabkan peradangan amandel.

Anda disarankan untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari. Selain olahraga, sebaiknya imbangi juga dengan aktivitas fisik seperti bebenah rumah, hindari gaya hidup sedentary.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, yakni sesuai jumlah karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, dapat meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mencegah peradangan amandel.

Jangan lupa untuk memilih makanan yang mengandung antioksidan tinggi, misalnya, seperti jeruk, wortel, dan jambu. Makanan tersebut dapat membuat kita terhindar dari penularan berbagai macam penyakit.

Sebaliknya, pola makan yang buruk dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun, sehingga kita sangat mudah terinfeksi penyakit.

Artikel Lainnya: Anak Sering Flu atau Pilek, Apakah Itu Gejala Amandel?

2 dari 5 halaman

3. Stop Merokok

Asap rokok mengandung oksidan tinggi yang bisa menurunkan daya tahan tubuh. Efeknya, amandel jadi mudah mengalami peradangan.

Jika Anda bukan seorang perokok, maka jauhilah orang yang merokok di sekitar Anda. Sebab perokok pasif, atau orang yang hanya terpapar asap rokok, bisa mengalami efek kesehatan yang sama buruknya dengan perokok aktif.

4. Mencuci Tangan

Tonsilitis dapat terjadi ketika Anda menyentuh benda yang terkontaminasi oleh bakteri atau virus. Mikroorganisme tersebut bisa masuk ke dalam tubuh menyebabkan radang amandel.

Sebagai cara untuk mencegah radang amandel,  Anda wajib cuci tangan dengan sabun dan air. Rutin mencuci tangan sebelum dan sesudah makan juga dapat mengurangi risiko tertular berbagai penyakit, termasuk infeksi pernapasan atas hingga 45 persen

Artikel Lainnya: Perbedaan Radang Tenggorokan, Amandel, dan Laring

3 dari 5 halaman

5. Gunakan Masker

Anda wajib menggunakan masker ketika berada di lingkungan orang yang sedang terkena influenza, demam, atau positif menderita radang amandel. Pasalnya, radang amandel dapat ditularkan melalui liur dan uap napas penderita.

Sebagai cara mencegah radang atau amandel membesar karena bengkak, usahakan untuk pakai masker. Masker wajib digunakan ketika berada di tempat atau kendaraan umum. Tempat tersebut rentan menularkan penyakit, terutama yang berhubungan dengan penyakit saluran pernapasan.

6. Hindari Berbagi Makan dan Minuman Dengan Orang Sakit

Tidak sedikit orang di sekitar kita yang sering berbagi makanan dan minuman. Bahkan, ada masih banyak pula yang saling berbagi pinjam alat makan.

Hal tersebut harus dihindari untuk mencegah penyebaran bakteri dan virus, termasuk yang menyebabkan radang amandel. Selain itu, juga jangan berbagi makanan dengan orang lain ketika Anda sedang sakit.

Artikel Lainnya: 10 Tanda Radang Tenggorokan yang Berbahaya

4 dari 5 halaman

7. Mengganti Sikat Gigi Rutin

Sikat gigi bisa menjadi tempat berkumpulnya kuman dan bakteri. Jadi, Anda harus rutin mengganti sikat agar kebersihan gigi dan mulut dapat terjaga dengan baik.

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), sikat gigi sebaiknya diganti 3-4 bulan sekali atau saat bulu sikatnya sudah tidak beraturan. Tak hanya itu, tidak berbagi pinjam sikat gigi dengan orang lain juga dapat mencegah penularan penyakit, salah satunya radang amandel.

Itulah beberapa cara mencegah radang amandel yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Cara-cara di atas sebenarnya tidak hanya untuk mencegah tonsilitis, tapi juga mencegah terkena berbagai macam penyakit lainnya.

Ingat, jika terserang radang amandel, istirahat yang cukup, perbanyak konsumsi air putih hangat, serta makan makanan bergizi. Jangan lupa untuk memeriksakan penyakit Anda kepada dokter.

Apabila ingin tahu informasi kesehatan lain, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter. Sedangkan untuk konsultasi dengan dokter, gunakan fitur Live Chat!

(OVI/JKT)

1 Komentar