Sukses

Sikat Gigi Elektrik Vs Sikat Gigi Manual: Mana yang Lebih Efektif?

Sikat gigi yang dipilih dapat berpengaruh terhadap kebersihan gigi dan mulut. Sebenarnya, Sikat gigi elektrik ataukah sikat gigi manual yang lebih efektif? Berikut ulasannya

Pencegahan penyakit gusi, seperti radang gusi atau gingivitis, dan gigi berlubang bisa dilakukan asalkan kebersihan gigi dan mulut selalu terjaga dengan melakukan sikat gigi secara efektif dan benar.

Pasalnya, radang gusi yang ditandai dengan gusi berdarah, kemerahan dan bengkak umumnya dialami oleh sebagian besar orang.

Plak pada gigi merupakan penyebab dari terjadinya radang gusi yang jika tidak diatasi bisa berlanjut menjadi periodontitis atau radang pada jaringan pendukung gigi. Selain itu, plak pada gigi juga dapat menyebabkan gigi menjadi berlubang.

Menyikat gigi dua kali sehari dan flossing, atau membersihkan sela gigi, direkomendasikan oleh para ahli agar kebersihan rongga mulut bisa selalu dalam keadaan yang baik sehingga kesehatan gigi dan gusi akan terjaga dengan baik juga.

Menyikat gigi dengan baik dan benar, serta jenis dari sikat gigi yang digunakan akan memberikan pengaruh pada hasil penyikatan dan tingkat kebersihan pada gigi dan juga mulut.

Untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, ada 2 jenis sikat gigi yang bisa digunakan. Dua jenis sikat gigi yang bisa digunakan tersebut yakni sikat gigi manual dan sikat gigi elektrik. Sebagian besar orang mungkin masih menggunakan sikat gigi manual dibandingkan dengan sikat gigi elektrik. Padahal, memakai sikat gigi elektrik memiliki beberapa beberapa keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan menggunakan sikat gigi manual.

Pasalnya, penggunaan sikat gigi elektrik mampu membantu membersihkan dan menghilangkan plak lebih efektif jika dibandingkan dengan sikat gigi manual. Oleh karena itu, penggunaan sikat gigi elektrik diyakini lebih optimal dalam mengurangi dan mencegah terjadinya radang gusi, serta mencegah terjadinya periodontitis dibandingkan dengan sikat gigi manual.

Selain itu, sikat gigi elektrik juga akan sangat menguntungkan bagi para penggunanya – seperti orang tua, anak-anak serta orang-orang yang mempunyai masalah dengan tangannya, seperti orang dengan disabilitas dan masalah sendi – yang mempunyai kesulitan dalam menggunakan sikat gigi manual.

Terlepas dari jenis sikat gigi mana yang ingin digunakan, baik manual maupun elektrik, hal yang perlu diperhatikan adalah teknik menyikat gigi yang dilakukan. Teknik menyikat gigi yang dilakukan haruslah baik dan benar serta dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Hal ini dilakukan agar gigi dan rongga mulut akan senantiasa selalu bersih dan terjaga kesehatannya.

 

sumber:

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmedhealth/PMH0011518/

http://www.webmd.com/oral-health/healthy-teeth-14/electric-toothbrushes

http://www.livestrong.com/article/152132-electric-toothbrush-vs-manual-toothbrush/

0 Komentar

Belum ada komentar