Sukses

Terong, Si Ungu dengan Segudang Manfaat

Terong sering kali menjadi teman lauk kita, misalnya dalam lalapan. Namun sayang, khasiat terong untuk kesehatan belum terlalu banyak diketahui. Untuk itu, kenali lebih dalam soal terong di sini.

Terong merupakan salah satu sayuran yang sudah sangat familiar untuk orang Indonesia. Anda pasti sering menyajikan olahan terong di meja makan keluarga, mulai dari balada terong hingga lodeh terong — untuk lebih memaksimalkan rasa, terong biasa dikombinasikan dengan bahan masakan lainnya seperti ikan, tempe, dan tahu.

Tapi tahukah Anda bahwa selain lezat dan murah, terong juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan?

  • Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, flavonoid, dan kandungan nutrisi lainnya yang ada dalam terong mempunyai fungsi untuk kesehatan jantung. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid berkaitan dengan rendahnya risiko kematian akibat penyakit jantung. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa konsumsi flavonoid memainkan peran utama dalam menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

  • Memperbaiki Tingkat Kolesterol

Dalam suatu penelitian, terong diberikan kepada kelinci yang memiliki kolesterol tinggi, kemudian hasil menunjukkan bahwa terjadi penurunan yang signifikan dalam berat badan dan tingkat kolesterol. Terong mengandung asam klorogenat yang dapat menurunkan kadar LDL, serta berfungsi sebagai antimikroba, antivirus, dan agen antikanker.

  • Mencegah Risiko Kanker

Kandungan polifenol dalam terong memiliki efek antikanker, sementara anthocyanin dan asam klorogenat berfungsi sebagai antioksidan dan antiperadangan. Senyawa-senyawa tersebut mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, dan pada gilirannya mencegah pertumbuhan tumor serta penyebaran sel kanker. Mereka juga mampu merangsang enzim-enzim detoksifikasi dalam sel.

0 Komentar

Belum ada komentar