Sukses

Mengenal Dental Bridge, Gigi Palsu Permanen yang Nyaman Digunakan

Gigi palsu adalah solusi terbaik bagi gigi yang ompong. Ada berbagai jenis gigi palsu, salah satunya adalah dental bridge.

Gigi ompong menjadi salah satu masalah yang cukup mengganggu pada sebagian orang, apalagi bila terjadi pada gigi depan. Pasalnya, gigi depan yang ompong dapat memengaruhi fungsi bicara hingga pengunyahan makanan. 

Nah, pemakaian gigi palsu merupakan solusi yang tepat bagi Anda yang mengalami gigi ompong. Salah satu gigi palsu yang nyaman, tidak repot, dan estetiknya bagus digunakan untuk gigi depan adalah dental bridge atau bridge gigi.

1 dari 4 halaman

Sekilas Tentang Dental Bridge

Dental bridge atau bridge gigi adalah jenis gigi palsu yang bisa menggantikan hilangnya satu atau lebih gigi. Bagian-bagian dari bridge gigi adalah: 

  • Pontik, yaitu bagian dari bridge gigi yang menggantikan gigi asli yang hilang.
  • Retainer, yaitu bagian dari bridge gigi yang dilekatkan pada gigi abutment.
  • Konektor, yaitu bagian dari bridge gigi yang menghubungkan antara retainer dengan pontik.
  • Abutment, yaitu mahkota gigi asli yang telah diasah untuk penempatan retainer dan mendukung bridge gigi.

Selain warnanya yang dapat disesuaikan dengan gigi asli, bridge gigi juga lebih nyaman digunakan dan tampak alami. 

Namun, gigi palsu permanen ini juga mempunyai kekurangan. Karena perlu dilakukan pengasahan pada gigi sehat, yang letaknya bersebelahan dengan gigi yang hilang. Pengasahan tersebut berguna agar gigi tiruan lebih stabil. 

Selain itu, bridge gigi juga tidak dapat diterapkan pada semua kasus kehilangan gigi. Misalnya, jika hilangnya gigi cukup banyak, atau kondisi gigi yang hilang terjadi di antara gigi-gigi yang goyang.

Artikel Lainnya: Gigi Palsu atau Implan Gigi, Mana yang Lebih Baik?

2 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Bridge Gigi

Berikut adalah jenis-jenis bridge gigi yang perlu Anda ketahui:

  • Fixed-fixed bridge, yaitu bentuk bridge gigi yang perlekatan dengan pontiknya dibuat kaku pada kedua sisinya, oleh satu atau lebih gigi penyangganya.
  • Semi-fixed bridge, yaitu bridge gigi yang salah satu pontiknya dihubungkan pada retainer dengan konektor yang moveable, sedangkan yang satunya dihubungkan dengan konektor kaku. 
  • Cantilever bridge, yaitu suatu bridge gigi yang satu ujungnya melekat secara kaku pada retainer, sedangkan ujung yang lain bebas menggantung.
  • Spring cantilever bridge, yaitu bridge gigi yang mempunyai pontik jauh dari retainer dan dihubungkan dengan palatal bar.
  • Compound bridge, yaitu bridge gigi yang terdiri dari kombinasi dua jenis bridge gigi dan bergabung menjadi satu kesatuan.
  • Complex bridge, yaitu bridge gigi yang dibuat untuk fungsi yang berbeda. 
  • Maryland bridge, yaitu bridge gigi yang terbuat dari kerangka logam, di mana pontik melekat pada sayap logam atau porselen yang disemen pada dua gigi penyangga.
  • Implan bridge, yaitu bridge gigi yang menggunakan implan gigi sebagai gigi penyangganya.

Artikel Lainnya: Plus dan Minus Memakai Implan Gigi

3 dari 4 halaman

Berapa Biaya Pemasangannya?

Untuk biaya pemasangan bridge gigi, tidak ada standarisasinya. Masing-masing fasilitas kesehatan mempunyai kebijakan sendiri dalam menentukan harga. Sebagai bahan perbandingan, di klinik gigi swasta wilayah Jakarta Selatan untuk harga pemasangan bridge gigi sekitar 3-4 juta per unit gigi. 

Perbedaan harga tersebut bisa berdasarkan dari jumlah bridge gigi yang dibutuhkan, tingkat kesulitan pembuatan bridge gigi, serta jenis bahan bridge gigi.

Bridge gigi dapat bertahan sangat lama dalam rongga mulut, namun harus didukung dengan pembersihan yang tepat. Pembersihan yang baik harus dilakukan sendiri di rumah maupun dengan bantuan dokter gigi. 

Untuk memastikan bahwa tidak ada sisa makanan yang tersangkut di bawah bridge gigi, sikatlah gigi dua kali sehari dengan benar, dan bersihkan karang gigi setiap tiga bulan sekali.

Pembersihan yang baik dan benar pada bridge dapat mencegah terbentuknya karies atau lubang pada gigi penyangganya. Sehingga, hal ini dapat memperpanjang masa penggunaan bridge gigi di dalam rongga mulut. 

Untuk membaca artikel tentang kesehatan gigi dan mulut lainnya, Anda bisa mengunduh aplikasi KlikDokter.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar