Sukses

Hitung Kalori di Balik Dim Sum

Untuk Anda yang menyukai makanan khas oriental, pasti sudah tidak asing lagi dengan dim sum. Rasanya yang lezat dan beragam bisa membuat Anda kalap saat mengonsumsinya. Tapi, tahukah Anda berapa kalori yang tersimpan dalam dim sum?

Menjelang hari raya Imlek, berkumpul bersama keluarga sembari menikmati berbagai hidangan merupakan tradisi yang tidak dapat dipisahkan. Sajian yang tersuguh di meja makan Anda salah satunya mungkin adalah dim sum.

Dim sum memiliki variasi hidangan seperti siomay, lumpia, kaki ayam, hakau, dan masih banyak lagi. Porsinya yang kecil-kecil membuat Anda tidak merasa bersalah saat mengonsumsinya. Namun sebelum makan dim sum, mari kita ketahui dahulu kandungan nutrisinya!

Bakpao

Bakpao, si roti bulat yang dapat diisi berbagai macam ini memang digemari oleh berbagai kalangan dan usia. Bakpao yang berisi ayam dan sayuran dapat menyumbang 90 kalori dan 1 gram lemak. Sedangkan jika Anda menyukai bakpao berisi babi, maka kalorinya pun akan meningkat tajam yaitu 150 kalori, 4 gram lemak, 160 mg sodium, dan 24 gram karbohidrat. Kandungan sodium atau garam masing-masing bakpao tergantung dari isi bakpao itu sendiri. Jadi bagi Anda yang sedang berdiet, jangan kebablasan banyak makan bakpao, ya!

Siomay

Makan siomay sebagai camilan ringan di sore tentu sungguh enak. Namun, tahukah Anda bahwa satu potong siomay udang mengandung 35 kalori, 2 gram lemak, dan 136 mg sodium. Siomay udang memang memiliki kalori yang lebih rendah jika dibandingkan dengan siomay babi. Siomay babi mengandung setidaknya 105 kalori, 8 gram lemak, dan 229 mg sodium. Pilihlah siomay atau dim sum yang direbus ketimbang yang digoreng untuk meminimalkan tambahan lemak dan kalori. American Heart Association menganjurkan untuk membatasi asupan sodium hingga 1500 mg per hari.

Lumpia

Lumpia bisa berbentuk macam-macam. Namun di restoran Cina pada umumnya, lumpia dibuat dari daging atau sayuran yang digulung dengan kulit dari telur atau tahu kemudian digoreng. Satu potong lumpia pada umumnya dapat menyumbang 127 kalori, 10 gram lemak, 211 mg sodium, 8 gram karbohidrat, dan 2.4 gram protein. Jika Anda mengonsumsi lebih dari 3 gram lemak jenuh setiap hari, maka dapat meningkatkan risiko Anda terkena diabetes dan penyakit jantung.

Ceker

Ceker atau kaki ayam sering ditemui pada menu dim sum. Rasanya yang gurih dan lezat pasti dapat membuat Anda kalap saat mengonsumsinya. Tapi hati-hati, 100 gram ceker yang direbus ternyata mengandung 215 kalori, 15 gram lemak total, 4 gram lemak jenuh, 67 mg sodium, dan 19 gram protein. Bayangkan saja, jika Anda makan dua porsi (200 gram) kalorinya dapat setara dengan dua mangkok nasi putih! 

0 Komentar

Belum ada komentar