Sukses

Hitung Kalori di Balik Dim Sum

Rasa dimsum yang lezat dan beragam bisa membuat Anda kalap saat mengonsumsinya. Tapi, tahukah Anda berapa kalori yang tersimpan dalam dimsum?

Dimsum adalah bahasa kanton yang merujuk kepada hidangan berukuran gigitan kecil yang disajikan di keranjang kukusan kecil. 

Jika diterjemahkan, dimsum dalam bahasa Cina artinya adalah menyentuh hati. Porsi makanan yang kecil dapat dikukus, dipanggang atau digoreng. 

Dim sum memiliki variasi hidangan seperti siomay, lumpia, kaki ayam, hakau, dan masih banyak lagi. Porsinya yang kecil-kecil membuat Anda tidak merasa bersalah saat mengonsumsinya. 

Namun, sebelum makan dimsum, sebaiknya ketahui dahulu jumlah kalori dimsum di bawah ini!

1 dari 7 halaman

1. Bakpao

Bakpao, si roti bulat yang dapat diisi berbagai macam bahan makanan ini banyak digemari oleh berbagai kalangan dan usia. 

Kalori bakpao yang berisi ayam dan sayuran dapat menyumbang total 90 kalori. Rinciannya adalah sebagai berikut: 

  • Lemak, berjumlah 1 gram, jika isinya daging babi maka dapat mengandung sampai 4 gram lemak.
  • Sodium atau natrium berjumlah 160 mg.
  • Karbohidrat sekitar 24 gram.

Kandungan natrium atau garam tergantung dari isi bakpao itu sendiri. Jadi bagi Anda yang sedang berdiet, jangan kebablasan banyak makan bakpao, ya!

Artikel Lainnya: Makanan yang Aman Dikonsumsi Saat Sakit Radang Tenggorokan

2 dari 7 halaman

2. Siomay

Makan siomay sebagai camilan ringan di sore tentu sungguh enak. Namun, tahukah Anda bahwa satu potong siomay udang mengandung 35 kalori, dengan rincian sebagai berikut:

  • Lemak sebanyak 2 gram.
  • Sodium sebanyak 136 mg.

Kalori siomay udang memang lebih rendah jika dibandingkan dengan siomay babi. Siomay babi mengandung setidaknya 105 kalori, 8 gram lemak, dan 229 mg sodium. 

Pilihlah siomay atau dimsum yang direbus ketimbang yang digoreng untuk meminimalkan tambahan lemak dan kalori. American Heart Association menganjurkan untuk membatasi asupan garam hingga 1.500 mg per hari.

3 dari 7 halaman

3. Lumpia

Lumpia bisa berbentuk macam-macam. Namun, umumnya lumpia di restoran Cina dibuat dari daging atau sayuran yang digulung dengan kulit dari telur atau tahu kemudian digoreng. 

Satu potong lumpia pada umumnya dapat menyumbang 127 kalori, dengan rincian sebagai berikut:

  • Lemak sebanyak 10 gram.
  • Sodium sebanyak 211 mg.
  • Karbohidrat sebanyak 8 gram.
  • Protein sebanyak 2,4 gram.

Jika Anda mengonsumsi lebih dari 3 gram lemak jenuh setiap hari, maka dapat meningkatkan risiko Anda terkena diabetes dan penyakit jantung.

4 dari 7 halaman

4. Ceker

Ceker atau kaki ayam sering ditemui pada menu dimsum. Rasanya yang gurih dan lezat pasti dapat membuat Anda kalap saat mengonsumsinya.

Tetapi hati-hati, 100 gram ceker yang direbus ternyata mengandung 215 kalori dengan rincian: 

  • Lemak sebanyak 15 gram dan lemak jenuh sebanyak 4 gram
  • Sodium sebanyak 67 gram 
  • Protein sebanyak 19 gram

Bayangkan saja, jika Anda makan dua porsi (200 gram), kalorinya dapat setara dengan dua mangkok nasi putih.

Artikel Lainnya: Cara Masak yang Baik untuk Penderita Diabetes

5 dari 7 halaman

5. Kembang Tahu Tim

Kembang tahu yang dikukus disebut sebagai makanan rendah kalori. Namun, apabila dicampur dengan daging, kembang tahu ini dapat menyerap minyak dari daging sehingga cukup berminyak. Lemak yang terkandung di dalam kalori kembang tahu tim sekitar 22 gram 

6 dari 7 halaman

6. Ketan Bungkus Daun

Dimsum jenis lain yaitu adalah ketan bungkus daun yang mengandung cukup banyak isian. Namun, ternyata dalam satu sajian, ketan bungkus daun bernilai sebesar 525 kalori atau sama seperti 2,5 mangkuk nasi. 

Hati-hati saat makan dimsum. Meskipun ukurannya kecil namun dapat mengandung jumlah lemak yang cukup banyak. 

Jangan lupakan memesan dimsum yang mengandung sayuran untuk menambah jumlah serat. Kurangi menambahkan kecap asin dan sambal untuk membatasi jumlah garam yang masuk. Minum teh dan air dapat menjaga nafsu makan saat menyantap dimsum. 

Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter. Konsultasikan kandungan makanan Anda kepada dokter melalui fitur LiveChat.

(OVI/JKT)

Referensi:

Healthline. Diakses 2022. Are Egg Rolls Healthy? Here’s What a Dietitian Says

Culture Trip. Diakses 2022. A Brief History of Dim Sum in China

0 Komentar

Belum ada komentar