Sukses

Perlukah Gigi Berlubang Dirawat di Dokter Gigi?

Gigi berlubang yang tak dirawat dapat berdampak serius, termasuk membahayakan organ tubuh lain. Jadi, perlukah gigi berlubang dirawat di dokter gigi?

Anda tentu sudah tidak asing dengan masalah gigi berlubang. Penyakit ini sebenarnya termasuk dalam penyakit kronis yang banyak sekali ditemukan di seluruh dunia. Tak hanya orang dewasa, anak kecil juga tak luput dari gangguan kesehatan gigi ini.

Sayangnya, gigi berlubang masih sering diabaikan. 

Sebagian orang biasanya baru mencari bantuan dokter gigi ketika sudah terjadi keluhan. Alih-alih mendapatkan perawatan gigi berlubang di dokter, sebagian orang memilih mengonsumsi obat-obatan untuk meredakan keluhan nyeri. 

Obat-obatan memang dapat membuat sakit gigi Anda reda, tapi ini sebenarnya bukanlah solusi yang tepat. Mengapa demikian? Karena hal ini sama saja membiarkan perjalanan penyakit berlanjut ke tingkat yang lebih parah dari sebelumnya.

Artikel Lainnya: Gigi Berlubang, Segera Dicabut atau Cukup Dirawat?

1 dari 3 halaman

Bahaya Membiarkan Gigi Berlubang

Di zaman yang sudah serba maju ini, faktanya masih banyak orang yang meragukan urgensi perawatan gigi berlubang ke dokter gigi. 

Padahal, sejumlah masalah kesehatan bisa mengintai Anda saat kondisi gigi berlubang diabaikan! Berikut beberapa bahaya jika membiarkan gigi berlubang tanpa perawatan: 

  • Rasa nyeri yang hebat.
  • Gigi bisa patah.
  • Tidak dapat menggunakan gigi untuk menggigit makanan.
  • Abses gigi.
  • Gigi sensitif atau ngilu.
  • Infeksi pada tulang rahang.
  • Kerusakan tulang rahang.
  • Fokal infeksi ke organ tubuh lainnya.

Selain hal-hal tersebut, gigi berlubang yang dibiarkan pada anak-anak juga dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan.

Pola makan, konsentrasi belajar, dan waktu istirahat si Kecil juga akan terganggu bila ada masalah gigi berlubang. Hal ini akan menyebabkan penurunan kualitas hidup mereka.

Artikel Lainnya: Adakah Pengaruh Gigi Berlubang Terhadap Tes Kesehatan?

2 dari 3 halaman

Pentingnya ke Dokter gigi untuk Atasi Gigi Berlubang

Tentu tidak ingin dihampiri masalah-masalah kesehatan tersebut, kan? Makanya, jangan biarkan kondisi gigi berlubang begitu saja. Terlebih lagi, gigi berlubang tidak dapat sembuh dengan sendirinya. Anda pun membutuhkan perawatan/tindakan medis oleh dokter gigi.

Perawatan yang dilakukan oleh dokter gigi untuk penanganan gigi berlubang, antara lain:

  1. Melakukan Penambalan Gigi

Pada Tindakan ini, dokter gigi akan membersihkan lubang gigi dengan alat dan bor untuk membuang lapisan gigi yang rusak. Selanjutnya, dokter gigi akan menambal gigi dengan bahan tambal komposit yang menggunakan sinar maupun bahan tambal glass ionomer. Pemilihan jenis bahan tambal ini akan bergantung pada posisi gigi, luas, dan juga dalamnya lubang gigi.

  1. Membuatkan Crown (Mahkota) Gigi 

Perawatan ini biasanya dilakukan jika lubang gigi sudah sangat luas dan dalam, luas permukaan yang terkena sudah lebih dari setengah permukaan mahkota gigi. Ini artinya, tambalan gigi biasa tidak akan kuat untuk menahan beban kunyah dari gigi tersebut. Lalu, dokter gigi akan melakukan pencetakan gigi yang kemudian diproses di laboratorium, yaitu inlay, atau full crown/mahkota gigi.

Artikel Lainnya: Membiarkan Gigi Berlubang Terlalu Lama? Ini Akibatnya!

  1. Melakukan Perawatan Saraf Gigi atau Perawatan Saluran Akar

Bila lubang gigi telah mencapai bagian saraf gigi maka tidak bisa langsung ditambal. Dokter gigi perlu melakukan tindakan perawatan saluran akar gigi terlebih dahulu. Ini bertujuan untuk mensterilkan saluran akar yang sudah terinfeksi oleh kuman. Setelah itu, dokter baru bisa dilakukan penutupan lubang pada gigi tersebut dengan bahan tambalan atau crown gigi tergantung dari sisa gigi tersebut.

Mulai saat ini, jangan lagi tahan-tahan keluhan gigi berlubang Anda. Segera periksakan ke dokter gigi sebelum bertambah parah dan lakukan perawatan gigi sesuai anjuran dokter. 

Selain itu, penting juga untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali, meski tanpa keluhan. 

Anda ingin membaca artikel kesehatan gigi dan mulut lainnya? Yuk, download sekarang aplikasi Klikdokter via Google Play Store atau Apps Store!

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar