Sukses

Rambut Kering dan Kasar, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Beberapa orang mengalami masalah rambut kering dan kasar. Saat itu terjadi, tidak usah panik dan ikuti beberapa cara mudah berikut untuk mengatasinya.

Tidak semua orang dikaruniai rambut yang indah sejak lahir. Ada bermacam-macam tipe rambut manusia. Namun jangan khawatir, apa pun tipe rambutnya Anda bisa merawatnya agar tampak indah dan sehat. 

Ketika seseorang memiliki rambut yang rusak, maka rambutnya menjadi kering dan cenderung kasar. Ciri-ciri rambut kering meliputi mudah rontok dan kusut, kusam, tipis, dan ujungnya bercabang. 

Memahami akar penyebab rambut kering dan mengambil tindakan yang tepat adalah cara yang tepat untuk mendapatkan rambut yang indah serta sehat. 

1 dari 3 halaman

Penyebab Rambut Kering

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan rambut kering dan kasar, seperti kebiasaan sehari-hari, kondisi lingkungan, dan adanya masalah kesehatan tertentu. Berikut hal-hal yang bisa memicu rambut kering:

  • Tinggal di iklim yang panas dan kering
  • Banyak beraktivitas di bawah sinar matahari 
  • Sering berenang dalam air yang berklorin
  • Mencuci rambut terlalu sering, terutama dengan sampo berbahan kimia keras
  • Terlalu sering menggunakan pengering rambut, pelurus rambut, atau pengeriting rambut
  • Adanya masalah kesehatan tertentu, seperti anoreksia nervosa, hipotiroidisme, dan sindrom Menkes

Artikel Lainnya: 6 Penyebab Kerusakan Rambut

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Rambut Kering

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi rambut kering yang bisa Anda lakukan: 

1. Memotong Ujung Rambut 

Jika rambut Anda terlalu kering, mungkin bisa mempertimbangkan untuk memotongnya agar dapat tumbuh rambut yang baru. Terlebih jika ujung rambut bercabang, hal ini juga dapat membuat rambut terasa kering dan kasar. 

2. Kurangi Frekuensi Mencuci Rambut

Sebaiknya Anda tidak terlalu sering mencuci rambut. Anda mungkin dapat melakukannya sekali atau dua kali setiap pekan dan bukannya setiap hari. 

3. Konsumsi Makanan Mengandung Antioksidan dan Omega-3 

Protein dan omega-3 yang terdapat pada ikan dapat menjaga rambut Anda untuk lebih berkilau. Contoh makanan yang dapat Anda konsumsi, misalnya salmon, kembung, tuna, dan sarden. Sementara, beberapa makanan yang kaya akan antioksidan adalah kenari, kacang merah, blueberry, brokoli, dan tomat. 

Artikel Lainnya: 8 Kebiasaan yang Dapat Merusak Kesehatan Rambut Anda

4. Konsumsi Vitamin

Salah satu cara mengatasi rambut kering adalah dengan konsumsi vitamin. Ingatlah bahwa tubuh Anda sangat membutuhkan vitamin. 

Vitamin A, vitamin C, biotin, zat besi dan mineral sangat berperan untuk membentuk rambut yang sehat. Selain dari makanan, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen tambahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian. 

5. Bungkus Rambut Setelah Keramas Dibandingkan Membiarkannya Mengering Begitu Saja

Jika Anda merasa rambut menjadi rapuh dan sulit ditata setelah keramas, kemungkinan rambut telah kehilangan kelembapan selama proses pengeringan. Bungkuslah rambut dengan kain atau handuk setelah keramas lalu biarkan sampai kering. 

6. Hindari Menata Rambut dengan Cara Memanaskannya

Anda mungkin sering menata rambut dengan menggunakan catokan, pengering rambut, dan pengeriting rambut. Hal ini dapat menyebabkan rambut semakin kering. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa batang rambut yang telah terpapar hair dryer akan mengalami kerusakan yang cukup signifikan. Anda disarankan untuk memakai hair dryer dengan jarak 15 cm dari rambut. 

Artikel Lainnya: Sering Pakai Hair Dryer? Lakukan Ini Agar Rambut Tetap Sehat

7. Gunakan Air Dingin untuk Membilas Rambut Setelah Keramas

Jika rambut Anda kering, cobalah untuk membilas rambut dengan air dingin setelah keramas. Hal ini akan membuat rambut tumbuh lebih cepat dan menyegarkan kulit kepala Anda. 

8. Gunakan Minyak Rambut 

Minyak argan telah dikenal bermanfaat untuk rambut. Oleskan minyak argan pada ujung rambut Anda. Selain itu, minyak esensial lain yang dipercaya dapat mencegah kerusakan rambut adalah minyak lavender, minyak kelapa, dan minyak peppermint. 

9. Gunakan Topi 

Sinar ultraviolet dapat merusak batang rambut seperti merusak kulit Anda. Batasi paparan sinar matahari jika rambut Anda kering. Bila terpaksa beraktivitas di bawah sinar matahari, sebaiknya kenakan topi. Lalu, oleskan sedikit gel lidah buaya untuk membantu mencegah kerusakan lebih lanjut. 

10. Pilih Produk Rambut dengan Hati-hati

Gunakan sampo ringan yang dibuat khusus untuk membantu rambut kering (biasanya sampo tersebut mengandung lebih banyak pelembap khusus untuk rambut). Jangan lupakan juga conditioner. Ini akan membuat kutikula menghasilkan minyak untuk rambut Anda.

Anda perlu menghindari produk rambut yang memiliki alkohol karena dapat membuat rambut semakin kering. 

Rambut kering dan rontok yang terjadi secara berkepanjangan dapat menjadi suatu tanda masalah kesehatan. Konsultasikan kepada dokter apabila Anda merasakan gejala lain yang mengganggu, misal rambut rontok berupa gumpalan, terdapat pola kebotakan rambut, rambut sangat mudah patah saat menyisir, dan lainnya. 

Untuk membaca artikel lainnya mengenai kesehatan rambut, Anda bisa mengunduh aplikasi KlikDokter

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar