Sukses

Manfaat Getah Jarak untuk Mengatasi Nyeri Sakit Gigi

Manfaat getah jarak dipercaya sebagai obat untuk mengatasi nyeri sakit gigi. Bagaimana cara penggunaannya?

Sakit gigi umumnya disebabkan oleh gigi berlubang, sehingga menimbulkan rasa nyeri di gigi. Untuk mengatasinya, nyeri gigi bisa dihilangkan dengan obat penghilang rasa sakit dan perawatan dokter gigi.

Namun, beberapa orang memilih menggunakan obat nyeri gigi alami. Misalnya, getah jarak untuk sakit gigi terkadang menjadi solusi.

Getah tumbuhan jarak pagar dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi nyeri sakit gigi. Bagaimana manfaat getah jarak dalam hal ini?

 

1 dari 3 halaman

Nyeri Sakit Gigi Reda dengan Getah Jarak

Manfaat getah daun jarak untuk sakit gigi sudah dibuktikan sejak lama. Bahan alami ini dipercaya memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya.

Lalu, kandungan flavonoid dan saponin di dalam tanaman ini mampu merusak dinding sel bakteri. Saponin juga memiliki efek memperbaiki sel-sel yang rusak dan menghilangkan rasa sakit.

Artikel Lainnya: Sakit Gigi Bisa Sembuh Sendiri?

Cara Menggunakan Getah Jarak untuk Atasi Nyeri Sakit Gigi

Bagian dari tumbuhan jarak yang digunakan sebagai pereda nyeri akibat sakit gigi adalah getahnya.

Cara yang biasa dilakukan adalah meneteskan getah sebanyak 1-2 tetes pada lubang gigi yang sakit, kemudian ditutup kapas. Biasanya, setelah ini rasa nyeri sudah tidak kambuh lagi.

Namun, cara mengobati nyeri gigi ini tidak dianjurkan. Karena, tetesan langsung getah membuat dosisnya menjadi tidak akurat.

Getah jarak dapat pula dioleskan pada lidah yang meradang akibat luka atau sariawan.

Selain getahnya, akar tanaman jarak yang direbus juga berguna sebagai obat kumur untuk mengatasi gusi berdarah dan sakit gigi.

2 dari 3 halaman

Adakah Efek Sampingnya?

Sampai saat ini, efek samping getah jarak pada gigi belum ditemukan. Namun, penelitian lebih lanjut mungkin diperlukan untuk mempertimbangkan potensi penggunaannya dalam kedokteran gigi.

Selain itu, tingkat keamanannya pun harus ditentukan terlebih dahulu. Sebab, tanaman jarak pagar memiliki kandungan zat beracun di dalamnya.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Sakit Gigi yang Mudah dan Ampuh

Rasa nyeri di gigi dapat diatasi secara alami dengan bahan tradisional seperti getah jarak pagar. Namun, sebenarnya kondisi ini hanya bersifat sementara.

Jika gigi yang berlubang tidak diatasi dengan benar, rasa sakit dapat muncul kembali sewaktu-waktu.

Oleh karena itu, saat rasa nyeri di gigi sudah hilang, segera periksakan ke dokter gigi agar masalah gigi dapat diatasi dengan tepat.

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar obat herbal sakit gigi, konsultasi lewat LiveChat dokter gigi di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

Referensi:

Science Education Journal, Department of Science Education, Universitas Negeri Padang. Diakses 2022. Jatropha curcas L. Leaves As A Drug For Toothache.

Research Gate. Diakses 2022. Antimicrobial Properties of Jatropha curcas L. against Dental Pathogens.

Research Gate. Diakses 2022. Acute Toxicity of Jatropha Curcas L. Latex and Its Histopathological Effects on Dental Pulp and Periapical Tissues.

0 Komentar

Belum ada komentar