THT

17 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan, Ampuh dan Mudah Dilakukan!

dr. Theresia Rina Yunita, 20 Agt 2023

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Radang tenggorokan memang dapat sembuh dengan sendirinya. Namun jika dibiarkan, bisa mengganggu aktivitas kamu. Ketahui cara mengatasinya!

17 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan, Ampuh dan Mudah Dilakukan!

Radang tenggorokan atau nyeri tenggorokan bisa terjadi pada siapa saja. Meski bukan tergolong masalah kesehatan yang berbahaya, nyatanya hal ini dapat mengganggu aktivitas kamu. Kalau sudah begini, kamu harus tahu cara mengatasi radang tenggorokan yang tepat.

Radang tenggorokan adalah peradangan pada tenggorokan yang menyebabkan suara serak serta nyeri saat menelan. Keluhan ini kadang menjadi gejala awal dari munculnya infeksi saluran napas bagian atas, yang bisa dipicu oleh bakteri maupun virus.

Berikut ini cara mengobati radang tenggorokan yang mudah dan dapat kamu lakukan sendiri di rumah.

1. Istirahat

Istirahat merupakan cara yang mudah untuk mengobati radang tenggorokan kamu. Ya, tidur yang cukup akan membantu memulihkan peradangan atau infeksi.

Dengan istirahat yang cukup, kamu akan memberikan waktu kepada tubuh untuk membentuk sistem kekebalan tubuh lebih baik sehingga lebih cepat pulih.

2. Banyak Konsumsi Air Putih

Jaga tenggorokan agar tidak kering. Tenggorokan yang kering akan terasa tidak nyaman. Oleh karena itu, untuk meredakan radang tenggorokan, caranya bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi air putih.

3. Berkumur dengan Air Garam

Alami radang tenggorokan? Coba saja berkumur dengan air garam yang hangat. Garam yang dilarutkan dapat menarik air sehingga kuman yang ada pada tenggorokan akan tersapu oleh air tersebut.

4. Berkumur dengan Mouthwash atau Antiseptik

Selain air garam, cara lain untuk mengobati radang tenggorokan adalah dengan berkumur menggunakan antiseptik. Hal ini akan membantu membunuh kuman penyebab radang.

5. Minum Air Lemon

Lemon kaya akan vitamin C yang dapat membantu proses penyembuhan radang tenggorokan. Konsumsi air lemon dalam keadaan hangat akan membuat tenggorokan terasa nyaman.

6. Minum Air Jahe

Tidak hanya air lemon, air jahe juga memiliki manfaat yang sama baiknya untuk mengobati radang tenggorokan. Cara yang satu ini dapat menghangatkan tubuh, mengurangi peradangan, dan bersifat antibakteri.

7. Minum Air Hangat yang Dicampur Madu

Untuk menyembuhkan radang tenggorokan, salah satu caranya juga bisa dengan konsumsi air hangat yang dicampur madu. Berdasarkan penelitian, madu terbukti efektif untuk meredakan proses peradangan dan membantu menekan batuk, terutama yang terjadi di malam hari.

Namun sebelumnya, pastikan madu yang dipakai adalah madu asli, bukan yang menggunakan pemanis buatan.

Artikel Lainnya: Tips agar Tak Tertular Radang Tenggorokan Saat di Keramaian

8. Hindari Paparan Asap Rokok dan Berhenti Merokok

Jika kamu ingin menghilangkan radang tenggorokan, menghindari asap rokok bisa menjadi cara yang efektif. Apalagi bila radang tenggorokan yang kamu alami disebabkan oleh infeksi. Oleh karena itu, apabila kamu memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya hentikan terlebih dahulu.

9. Pakai Masker

Cara yang tidak kalah penting untuk mengobati radang tenggorokan adalah dengan menggunakan masker. Usahakan untuk mengenakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan atau area berdebu untuk menghindari iritan yang dapat memperburuk radang tenggorokan.

10. Gunakan Essential Oil

Benarkah Minyak Esensial Akibatkan Payudara Pria Membesar? (Piprod/Shutterstock)

Sudah mulai bosan dengan radang pada tenggorokan? Coba penggunaan essential oil atau minyak atsiri. Essential oil yang dipanaskan, lalu dihirup dapat mengurangi ketidaknyamanan di tenggorokan. Essential oil yang dapat digunakan misalnya yang beraroma peppermint.

11. Hindari Banyak Berbicara atau Bersuara

Terlalu banyak berbicara akan membuat radang semakin memberat. Pasalnya, terlalu banyak bersuara dapat menambahkan beban pada pita suara kamu. Dengan begitu, radang tenggorokan bisa semakin parah. Jadi, jangan lupa istirahatkan tenggorokan kamu dengan hemat bicara.

12. Singkirkan Makanan Pedas

Bagi kamu pencinta makanan pedas, sebaiknya hindari dulu kebiasaan ini saat terkena radang tenggorokan. Makanan pedas memicu batuk, sakit menelan, dan menambah keparahan sakit tenggorokan.

Artikel Lainnya: Ibu Menyusui Kena Radang Tenggorokan, Apa Efeknya pada Bayi?

13. Gunakan Humidifier

Manfaatkanlah humidifier untuk mengobati radang tenggorokan yang kamu alami. Alat ini akan menambah kelembapan udara yang kamu hirup, sehingga tenggorokan akan terasa lebih nyaman.

14. Jangan Terlalu Lama di Ruangan ber-AC

Selain suhunya yang dingin, terlalu lama di dalam ruangan ber-AC juga dapat memicu radang. Kelembapan udara yang rendah juga bisa memperburuk kondisi sakit tenggorokan.

Karena itu, membatasi diri terlalu lama di ruangan ber-AC dapat menjadi cara untuk menyembuhkan radang tenggorokan kamu.

15. Konsumsi Obat Radang

obat

Obat radang seperti steroid dapat digunakan untuk mengurangi peradangan. Namun, obat ini tidak dijual bebas sehingga harus diresepkan oleh dokter.

16. Konsumsi Antibiotik

Jika radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri, konsumsi antibiotik dianjurkan. Namun, penggunaan antibiotik harus sesuai anjuran dokter. Oleh karena itu, konsultasikan kepada dokter mengenai radang tenggorokan yang kamu alami.

17. Hindari Makanan dan Minuman yang Terlalu Panas atau Terlalu Dingin

Cara terakhir untuk mengobati radang tenggorokan, yakni dengan menghindari makanan dan minuman dengan suhu ekstrem karena dapat memperburuk peradangan di tenggorokan. Oleh karena itu, minum atau makanlah makanan dengan suhu hangat atau suhu ruangan.

Radang tenggorokan memang sangat mengganggu. Maka dari itu, segeralah atasi dengan tepat berdasarkan penyebabnya. Jika cara-cara di atas belum mampu mengobati radang tenggorokan, periksakan diri kamu ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Kamu dapat menggunakan layanan Tanya Dokter dari KlikDokter untuk bertanya seputar masalah kesehatan yang dialami.

[WA]

Radang Tenggorokan