Sukses

Ketahui Tanda Awal Penyakit Jantung

Selain melakukan pengendalian faktor risiko, masyarakat perlu memahami tanda dan gejala awal penyakit jantung agar dapat dilakukan penanganan sejak dini.

H2 Health & Happiness

KlikDokter.com - Pada Hari Jantung Sedunia yang jatuh pada 29 September lalu, pakar kesehatan menekankan bahwa 80% angka kematian dini karena penyakit jantung dan pembuluh darah dapat dihindari apabila empat faktor risiko utamanya dapat dikendalikan, antara lain merokok, diet yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, dan konsumsi alkohol (Depkes, 2014).

Selain melakukan pengendalian faktor risiko, masyarakat perlu memahami tanda dan gejala awal penyakit jantung agar dapat dilakukan deteksi dan penanganan sejak dini. Tidak seperti gambaran sakit jantung yang banyak diketahui saat ini, penyakit jantung memiliki onset gejala yang lambat, dan sering kali tidak disadari oleh penderitanya. Dan ketika gejala timbul, umumnya kerusakan yang terjadi sudah cukup berat.

Berbagai jenis penyakit jantung dapat memberikan gambaran gejala yang serupa. Seperti pada serangan jantung, penyakit jantung koroner, maupun gagal jantung. Walaupun begitu, penanganan masing-masing penyakit berbeda-beda. Orang yang pernah mengalami serangan jantung sebelumnya juga mungkin akan mengalami gejala yang berbeda pada serangan kedua.

Tanda awal serangan jantung dapat bermanifestasi sebagai satu gejala atau kombinasi diantaranya. Umumnya gejala berlangsung sekitar 10 menit, dapat timbul secara mendadak atau memburuk secara cepat. Secara garis besar, gejala tersebut antara lain, selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Ketahui Tanda Awal Penyakit Jantung

H2 Health & Happiness

Secara garis besar, gejala tersebut antara lain:

  • Rasa tidak nyaman atau nyeri pada dada, yang dikenal dengan angina. Terjadi akibat otot jantung tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Sifat tidak nyaman atau nyeri dapat seperti ditindih beban berat, ditekan, atau ditusuk. Beberapa orang menggambarkannya seperti ditindih gajah atau dada seperti diikat sabut yang sangat kencang. Keluhan ini dapat juga dirasakan pada bagian tubuh atas lainnya.
  • Rasa tidak nyaman atau nyeri pada bagian atas tubuh seperti lengan, bahu, leher, rahang, punggung. Pada tenggorokan dapat berupa rasa tercekat, pada lengan dapat berupa lengan terasa amat berat dan tidak dapat digunakan.
  • Gejala lainnya, seperti yang sering dirasakan oleh penderita gagal jantung adalah sesak napas, kelelahan, berdebar-debar, mual, keringat dingin, dan pusing atau kliyengan.

Ketahui Tanda Awal Penyakit Jantung

(sumber gambar: http://www.heartquery.com/warning_signs)

Gejala-gejala di atas tidaklah mutlak dan dapat bervariasi pada setiap individu, terutama mereka yang memiliki faktor risiko penyakit jantung. Nyeri yang dirasakan pria dan wanita juga sering kali tidak sama.

Pada pria, angina sering kali dirasakan adalah nyeri dada seperti diremas atau ditekan, dengan nyeri menjalar ke lengan. Angina memburuk dengan aktivitas fisik dan hilang dengan istirahat.

Pada wanita, keluhan yang kerap dirasakan adalah nyeri dada seperti terbakar atau ditusuk, terkadang diikuti nyeri di leher, rahang, tenggorokan, perut, hingga punggung. Angina pada wanita dapat muncul ketika istirahat, maupun beraktivitas seperti memasak, berbelanja, atau berolahraga.

Stres emosional juga dapat memicu angina, lebih sering pada wanita dibandingkan dengan pria. (Baca: 7 Gejala Jantung Pada Wanita)

Apabila Anda mengalami gejala di atas, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah hentikan aktivitas fisik Anda, minta bantuan orang di sekitar Anda, lalu segeralah periksakan diri ke dokter atau pusat kesehatan terdekat.

0 Komentar

Belum ada komentar