Sukses

Kencing Anda Sakit? Waspadai Empat Kelainan ini

Jangan sepelekan keluhan nyeri ketika buang air kecil. Sudah saatnya Anda harus lebih cermat jika Anda mengalami keluhan ini. Berikut kemungkinan penyakit-penyakit yang muncul jika Anda mengalami nyeri ketika buang air kecil.

KlikDokter.com - Buang air kecil seharusnya tidak memberikan rasa sakit. Namun jika saat buang air kecil, Anda mengeluhkan adanya rasa sakit atau perih, mungkin terdapat gangguan pada sepanjang saluran kencing Anda.

Keluhan nyeri yang ada pun tidak dapat disepelekan. Karena bisa jadi nyeri ketika berkemih merupakan gejala dari penyakit yang gawat. Bisa jadi infeksi saluran kencing, bisa jadi gangguan prostat, atau bisa jadi indikasi dari keganasan kanker.

Nah, supaya menambah pengetahuan bersama, berikut ini adalah hal apa saja kemungkinan penyebab rasa sakit saat berkemih.

Halaman berikut penjelasan selengkapnya:

1 dari 2 halaman

Kencing Anda Sakit? Waspadai Empat Kelainan ini

1. Batu Saluran Kencing

Batu saluran kencing dapat terjadi dimana saja. Mulai dari ginjal sampai pada saluran uretra. Karena sempitnya ruang saluran kencing, maka batu akan mengiritasi dinding saluran kencing dan menyebabkan rasa sakit. Rasa sakit yang timbul bersifat hilang timbul dengan intensitas yang kuat. Penanganan batu saluran kencing dimulai dengan pemberian obat dengan harapan batu dapat keluar secara spontan, sampai dengan terapi pembedahan pada batu yang besar.

2. Infeksi saluran kencing

Keluhan nyeri berkemih merupakan keluhan yang umum ditemui pada infeksi saluran kencing. Infeksi saluran kencing umumnya menyerang wanita karena struktur anatomis saluran kencing wanita yang lebih pendek. Namun, pria juga sering menderita infeksi saluran kencing. Umumnya, penyebab infeksi saluran kencing adalah bakteri yang tumbuh di permukaan tubuh manusia. Namun saluran kencing juga dapat terinfeksi oleh bakteri yang ditularkan secara seksual seperti neisseria gonorrhoeae.

3. Keganasan

Keganasan atau kanker adalah pertumbuhan jaringan yang tidak normal dari jaringan. Kanker dapat tumbuh pada jaringan dimanapun, mulai dari saluran kencing, dan kantung kencing. Keganasan dapat menyebabkan sumbatan aliran kencing dan menyebabkan gejala seperti nyeri kencing, kencing berdarah dan rasa sakit saat kencing.

4. Prostat

Pembesaran prostat merupakan keluhan yang umum dialami pada pria yang berumur di atas 50 tahun. Prostat adalah sebuah kelenjar yang berada di sekitar uretra, saluran kencing terakhir. Kelenjar prostat dapat membesar dan menyebabkan sumbatan pada uretra. Penderita akan mengeluhkan adanya kencing yang menetes, rasa tidak lampias saat kencing, anyang-anyangan bahkan nyeri saat berkemih.

0 Komentar

Belum ada komentar