Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKesehatan UmumMinum Kopi Menguntungkan Atau Merugikan?
Kesehatan Umum

Minum Kopi Menguntungkan Atau Merugikan?

dr. Adithia Kwee, 24 Mar 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kini, minum kopi di pagi hari bukan lagi hanya merupakan sekedar rutinitas belaka. Karena ternyata, banyak hal baik dari kopi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Simak selengkapnya oleh dr. Adithia Kwee disini

Minum Kopi Menguntungkan Atau Merugikan?

KlikDokter.com - Kini, minum kopi di pagi hari bukan lagi hanya merupakan sekedar rutinitas belaka. Karena ternyata, banyak hal baik dari kopi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya yaitu: 

  1. Menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung

Kopi mengandung antioksidan yang dapat mengurangi oksidasi dari LDL. Selain itu terbukti menurunkan risiko penyakit jantung koroner, dan gagal jantung bila mengkonsumsi sekitar 2 cangkir setiap harinya. (Baca: 5 Tanda Gagal Jantung

  1. Menurunkan risiko terjadinya stroke

Mengkonsumsi kopi 1 hingga 6 cangkir setiap harinya terbukti menurunkan risiko penyakit stroke sebanyak 17%. 

  1. Menurunkan risiko terjadinya penyakit kencing manis

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi kopi dapat meningkatkan produksi insulin, merangsang metabolisme gula darah, dan menurunkan risiko terjadinya penyakit kencing manis. (Baca: Kafein Pada Kopi Mencegah Kanker Kulit).

Masih ada beberapa manfaat minum kopi dan kafein lainnya, ada di halaman selanjutnya:

Manfaat Kopi Lainnya untuk Kesehatan

4. Menurunkan risiko terkena kanker

Kopi juga dapat menurunkan risiko terkena kanker, termasuk kanker endometrium, kanker prostat, kanker kepala dan leher, karsinoma sel basal, dan kanker payudara.

Selain yang telah disebutkan di atas, menkonsumsi kopi juga dapat mencegah perkembangan penyakit demensia ke arah yang lebih buruk dan dapat menurunkan risiko terjadinya depresi. Namun, selain memiliki keuntungan seperti yang telah disebutkan di atas, kopi juga dapat berakibat buruk bagi kesehatan, di antaranya, menyebabkan kesulitan tidur, menaikkan tekanan darah, glaukoma, gangguan cemas, dan tremor. Oleh karena itu, dalam mengkonsumsi kopi tidak boleh berlebihan meskipun kita tahu kopi tidak selalu merugikan. (Baca: Serba-serbi Kafein)

Baca juga:

Serba-serbi Kafein

Kafein Pada Kopi Mencegah Kanker Kulit

Manfaat Kopi Terhadap Alzheimer

Kopi Sehat

Konsultasi Dokter Terkait