Sukses

Pertolongan Stroke dengan Mengeluarkan Darah di Ujung Jari adalah Hoax

Pernah lihat broadcast message yang menjelaskan pertolongan pertama stroke dengan menusukan jarum di ujung jari penderita stroke? Yakinilah hal tersebut tidak benar. Berikut penjelasan dr. Alvin Nursalim disini.

KlikDokter.com - Stroke adalah gangguan pada pembuluh darah otak. Gangguan yang terjadi dapat berupa sumbatan atau berupa pecahnya pembuluh darah. Stroke perlu ditangani dengan segera, karena waktu awal terjadinya stroke merupakan waktu yang menentukan terapi selanjutnya. Apakah benar apabila seorang terserang stroke, maka kita harus mengeluarkan darah dari ujung jari?

Apa gejala awal stroke?

Otak merupakan motor penggerak tubuh manusia. Apabila terjadi gangguan pada otak, maka dapat terjadi pada berbagai sistem organ lainnya. Gejala awal stroke adalah adanya kelemahan pada tubuh, umumnya pada salah satu sisi saja. Pasien stroke akan mengeluh bicara menjadi pelo, atau mata tidak bisa membuka. Apabila seorang mengalami stroke perdarahan, maka akan terjadi peningkatan tekanan di dalam otak. Peningkatan tekanan ini akan menyebabkan keluhan sakit kepala tiba-tiba yang hebat. Penderita stroke juga dapat mengeluh mual dan muntah.

Perlukah mengeluarkan darah dari ujung jari? Halaman berikut jawabannya:

1 dari 2 halaman

Perlukah mengeluarkan darah dari ujung jari?

Penanganan awal stroke bukan dengan mengeluarkan darah dari ujung jari. Mengeluarkan darah dari semua ujung jari tidak memiliki manfaat dalam penyembuhan pasien stroke. Bahkan, jika jarum yang digunakan tidak bersih, penderita stroke dapat mengalami infeksi akibat tusukan tersebut. Pengeluaran darah dari ujung jari merupakan tindakan yang berbahaya dan tidak bermanfaat dalam menangani stroke.

gejala, awal, strokeApakah penanganan awal stroke?

Penanganan awal stroke adalah menjaga patensi jalan nafas dan kestabilan sirkulasi darah pasien. Jika pasien tidak sadar, pastikan pasien dalam lingkungan yang aman, baringkan pada tempat yang aman. Posisilan pasien dengan tubuh menghadap ke samping kiri, untuk mencegah masuknya cairan ke saluran pernafasan (recovery position). Segera panggil pertolongan untuk membawa pasien ke unit gawat darurat terdekat. Penanganan pasti dari stroke tergantung dari jenis stroke yang terjadi. Hal ini dapat dipastikan dengan melakukan pemeriksaan penunjang seperti CT scan dan MRI.

0 Komentar

Belum ada komentar