Sukses

Kedinginan Karena Hujan dan Banjir? Jangan Minum Bir!

Mitos: minum alkohol menghangatkan tubuh Anda dan dapat digunakan untuk mencegah hipotermia. Simak disini selengkapnya.

KlikDokter.com - Mitos: minum alkohol menghangatkan tubuh Anda dan dapat digunakan untuk mencegah hipotermia.

Mitos ini mungkin dimulai dari fakta bahwa minum minuman beralkohol akan membuat Anda merasa lebih hangat karena tingkat alkohol dalam darah Anda meningkat.  Faktanya malah sebaliknya, minum alkohol ternyata menurunkan suhu inti dari tubuh Anda.

Direktur Farmakologi Klinik di University of Iowa, dr. William Haynes, menyatakan, "Konsumsi alkohol banyak menurunkan fungsi respons dari tubuh manusia, salah satu fungsi yang terganggu adalah fungsi untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat di cuaca dingin."

Jadi kesimpulannya, minum alkohol justru malah membuat Anda semakin kedinginan. Lho? Terus kenapa kenyataannya justru merasa lebih hangat kalao minum alkohol?

Berikut penjelasannya:

1 dari 3 halaman

Jadi Dari Mana Datangnya Rasa Hangat di Tubuh Ketika Minum Alkohol di Cuaca Dingin?

vasodilatasi
Perbedaan vasodilatasi dan vasokonstriksi

Jawabnya adalah karena alkohol adalah vasodilator, yakni bersifat menyebabkan pembuluh darah Anda membesar, terutama kapiler di bawah permukaan kulit Anda.

Dengan demikian, volume darah yang dibawah ke permukaan kulit, membuat Anda merasa hangat.

Sementara itu, sifat alamiah respons tubuh manusia ketika kedinginan untuk melakukan vasokonstriksi, yakni menjuruskan pembuluh darah Anda mengecil. Dimana hal ini berlawanan dari respon tubuh terpapar alkohol, yakni vasodilatasi.

Hal ini normal, tidak lain karena respon alamiah guna mencegah semakin menurunnya suhu tubuh Anda ketika di suhu dingin.

Untuk lebih mudahnya, gambar di sebelah dapat menjelaskan perbedaan vasodilatasi dan vasokonstriksi secara visual.

Lho, jadinya benar dong, alkohol menghangatkan tubuh?

Tidak sepenuhnya benar. Berikut penjelasannya:

2 dari 3 halaman

Lho, jadinya benar dong, alkohol menghangatkan tubuh? Tidak sepenuhnya benar. Berikut penjelasannya:

Anda merasa hangat habis minum alkohol karena saat vasodilatasi terjadi, pembuluh darah dekat dengan sensor panas.

Nah, hal yang berbahayanya adalah terjadi karena darah yang dibawah untuk menghangatkan tubuh Anda akan kembali turun suhunya mengikuti suhu lingkungan Anda yang dingin.

Pelebaran pembuluh darah permukaan ini bisa dilihat dari bagaimana orang yang mengkonsumsi alkohol wajahnya menjadi kemerahan.

Hal Buruk lain yang terjadi ketika Anda mengkonsumsi alkohol ketika udara dingin ialah, kehilangan mekanisme pertahanan tubuh untuk menggigil, menggigil memiliki fungsi untuk menjaga Anda tetap memproduksi panas secara alami dengan proses mekanis.

Jadi kesimpulannya, Minum minuman alkohol saat udara dingin untuk menghangatkan tubuh Anda adalah hal yang berlawanan dari apa yang seharusnya Anda lakukan.

0 Komentar

Belum ada komentar