Sukses

4 Makanan Sederhana untuk Jantung

Berikut ini adalah 4 makanan sederhana yang dapat membantu mengatasi stres, mengendalikan tekanan darah dan kolesterol sehingga kesehatan jantung dapat terjaga.

KlikDokter.com – Jantung adalah organ tubuh yang penting untuk aliran nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Perannya vital untuk memastikan setiap sel di dalam tubuh kita dapat berfungsi dengan optimal. Untuk itu, kesehatannya harus dijaga dengan baik.

Masalah kesehatan jantung sangat banyak terkait dengan kadar kolesterol dalam darah, tekanan darah yang tinggi, stres dan cemas berlebihan. Untuk itu, faktor-faktor tersebut harus dikendalikan dengan baik setiap saat.

Berikut ini adalah 4 makanan sederhana yang dapat membantu mengatasi stres, mengendalikan tekanan darah dan kolesterol sehingga kesehatan jantung dapat terjaga.

1 dari 2 halaman

4 Makanan Bebas Penyakit Jantung dan Stres

1. Pisang

Sebuah pisang mengandung 105 kalori dan 14 gram gula.Kandungan nutrisi ini cukup untuk menjadi sumber energi sementara dan memberi rasa kenyang. Sedangkan kandungan vitamin B6-nya dapat membantu sel otak untuk memproduksi serotonin yang dapat membantu mengatasi rasa cemas dan stres.

2. Kismis

Satu genggam kismis mengandung 1gram serat dan 212mg kalium yang cukup untuk kebutuhan sehari dan membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan polifeno di dalam buah anggur dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Pir

Sebuah pir berukuran sedang mengandung 5gram serat. Terutama dalam bentuk pektin yang dapat membantu mengatasi kolesterol tinggi yang berbahaya bagi kesehatan jantung.

4. Kentang

Kentang berukuran sedang mengandung 37gram karbohidrat yang dapat membantu meningkatkan produksi serotonin di otak sehingga dapat memberikan rasa nyaman jika dikonsumsi dengan tetap memperhatikan asupan lemak dan protein tidak berlebihan (tidak lebih dari 2gram).

Pola makan yang sehat, juga harus disertai dengan pola olahraga dan istirahat yang sehat agar kesehatan fisik dan mental tetap terjaga dengan optimal. Rutinlah memeriksakan kesehatan paling tidak setahun sekali untuk mengetahui profil kesehatan Anda secara menyeluruh. Salam jantung sehat!

0 Komentar

Belum ada komentar