Sukses

7 Tips Tidur Siang

Tidur siang telah dibuktikan dapat menghilangi efek dari kurang tidur, mestimulasi energi dan produktivitas dan memperbaiki fungsi kognitif. Bagaimana cara tidur siang yang benar?? Berikut ini ada tips-tips dari dr. Dewi Ema Anindia disini

Klikdokter.com - Anda sering merasa lelah dan kantuk di siang hari, terutama setelah makan siang? Kerja serasa tidak mungkin dilakukan karena terkendala kantuk? Janganlah khawatir, hal tersebut biasanya wajar terjadi. Dan tidak ada salahnya juga untuk mencoba lakukan tidur siang. 

Coba jangan dulu mengkonsumsi kopi yang banyak agar tidak mengantuk, namun cobalah untuk tidur siang. Pasalnya, tidur siang telah dibuktikan dapat menghilangi efek dari kurang tidur, mestimulasi energi dan produktivitas dan memperbaiki fungsi kognitif.

Lalu berapa lamakah tidur siang yang dianjurkan? Bagaimana cara tidur siang yang benar? Berikut ini adalah tips-tips tidur siang yang dapat bermanfaat bagi Anda.

  1. Hindari tidur siang bila Anda seorang insomnia

Bila Anda kurang tidur, maka tidur siang sangat bermanfaat buat Anda, namun khusus penderita insomnia, coba hindari tidur siang, sebab penelitian menunjukkan bahwa menghindari tidur siang ternyata dapat membantu penderita insomnia.

Berikut ini adalah tips tidur siang lainnya:

1 dari 3 halaman

Tips Tidur Siang Lainnya:

Hendak mencoba tidur siang? Coba lakukan kiat berikut ini:
  1. Hanya 30 menit
Sebaiknya tidur siang hanya berlangsung selama 25–30 menit, terutama pada orang yang kurang tidur di malam hari dan terlalu capek di siang hari, bila lebih dari 30 menit, maka Anda dapat masuk ke dalam fase “Tidur Dalam” yang dapat membuat saat bangun terasa lebih capek.
  1. Atau Jika Ada Waktu, Tidur Sianglah 90 Menit 
Bila Anda ada waktu sekitar 90 menit untuk tidur siang, maka itu lebih baik. Peneliti menemukan bahwa bila Anda tidur siang selama 90 menit, maka Anda dapat masuk ke tahap tidur REM (Rapid Eye Movement) yang dapat menggantikan kurang tidur serta dapat memicu kreativitas. Berkaitan dengan tips sebelumnya, kesimpulannya adalah lebih baik Anda tidur siang hanya 30 menit, atau sekaligus selama 90 menit.
  1. Minum kopi sebelum tidur siang
Cobalah untuk mengkonsumsi secangkir kopi dan setelah itu langsung tidur siang paling tidak selama 20 menit. Efek dari kafein akan muncul langsung setelah bangun tidur dapat membuat  Anda segar selama beberapa jam.
  1. Cobalah untuk jalan-jalan keluar untuk melihat matahari
Bila Anda terasa lelah pada pukul satu siang hingga pukul tiga sore, belum tentu Anda memerlukan tidur siang, cobalah untuk jalan-jalan keluar untuk melihat matahari, sebab pada jam ini, temperatur tubuh turun yang memicu otak untuk memproduksi melantonin (hormon tidur) lebih banyak, dan bila terekspos oleh sinar matahari, maka melantonin akan dikurangi produksinya.
2 dari 3 halaman

Tips Tidur Siang Lainnya:

Dapat ikuti beberapa kiat berikut ini lainnya:
  1. Jangan tidur setelah pukul 4 sore
Lebih baik untuk tidur siang sebelum jam 4 sebab pada jam tersebut terjadi siklus circadian (siklus tidur manusia yang dipengaruhi oleh cahaya di sekitarnya) yang paling rendah.
  1. Atau Jika Memang Sedikit Waktu, Tidur 10 Menit 
Pada tahun 2002, ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa tidur siang selama 10 menit pun dapat membantu bila Anda kurang tidur di malam harinya, dan memicu stamina.

0 Komentar

Belum ada komentar