Sukses

Telapak Tangan Berkeringat Tanda Sakit Jantung?

Ada satu pernyataan yang sudah sering kita akrab dengar sejak kecil, jika tangan kita berkeringat maka kemungkinan besar kita mengidap sakit jantung, benarkah pernyataan di atas? Simak selengkapnya disini bersama dr. Adithia Kwee.

KlikDokter.com - Ada satu pernyataan yang sudah sering kita akrab dengar sejak kecil, jika tangan kita berkeringat maka kemungkinan besar kita mengidap sakit jantung, benarkah pernyataan di atas? Atau justru hanya sekedar mitos yang tidak pernah terbukti?

Pernyataan di atas salah besar, namun ada sedikit kebenaran yang terkandung di dalamnya. Penyakit jantung memiliki cakupan pembahasan yang luas, artinya banyak sekali macam atau jenisnya. Salah satu penyakit jantung yang paling membahayakan nyawa seseorang adalah serangan jantung atau penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner ditandai dengan munculnya keluhan-keluhan sebagai berikut:

1 dari 2 halaman

Gejala Serangan Jantung

  • nyeri dada dengan sensasi tertimpa beban berat yang menjalar ke bahu
  • nyeri dan sensasi yang sama pada rahang ataupun lengan.
  • keluhan nyeri dada yang seringkali disertai dengan telapak tangan yang berkeringat, atau dalam istilah medis dikenal dengan diaforesis.

Jadi yang terjadi bukan sebaliknya, seseorang yang telapak tangannya berkeringan namun tidak mengalami nyeri dada tentu tidak memiliki arti yang bermakna.

Sekali lagi kita membuktikan mitos, jadi ingatlah, jika Anda mendadak merasakan nyeri dada disertai tangan yang berkeringat, mual dan muntah, maka saatnya Anda mewaspadai dan menyikapi pencegahan serangan jantung. 

0 Komentar

Belum ada komentar