Sukses

Dampak Handphone Pada Kesehatan

Efek yang ditimbulkan bisa saja hanya bergejala ringan seperti sakit kepala, ataupun telinga terasa panas, tapi jika dibiarkan lama kelamaan dapat mengakibatkan kanker karena efek radiasi tersebut.

Klikdokter.com - Penggunaan telepon genggam saat ini bukan hal yang aneh lagi. Hampir semua orang menggunakan handphone, baik itu anak-anak, remaja, maupun orangtua. Dari segala jenjang ekonomi pun saat ini sudah menggunakan handphone. Saat ini handphone bukan lagi termasuk barang mewah, tetapi sudah menjadi kebutuhan. Dalam tingkatan kebutuhan manusia, sudah terjadi pergeseran yang tadinya handphone merupakan kebutuhan tersier, saat ini sudah menjadi kebutuhan sekunder.

Memang banyak hal yang bisa dilakukan dan didapatkan dari penggunaan handphone. Apalagi dengan bertambah banyak dan beragamnya jenis handphone yang beredar saat ini. Dibalik keuntungan yang bisa didapatkan dari penggunaannya, kita tidak boleh lalai untuk memperhatikan dampak yang dapat ditimbulkan bagi kesehatan dari penggunaan handphone.

Bagaimana handphone dapat berbahaya? Berikut penjelasannya:

1 dari 2 halaman

Handphone dan Kesehatan

Handphone memancarkan radiasi elektromagnetik. Walaupun radiasinya kecil, namun tetap perlu diwaspadai. Penggunaan handphone yang lama dengan jarak yang sangat dekat dengan tubuh kita akan berefek serius. Semakin dekat jarak antara handphone dengan tubuh kita, dalam hal ini misalkan telinga dan kepala, maka akan semakin besar paparan radiasi yang diterima tubuh. Pancaran radiasi akan menaikkan suhu jaringan tubuh kita dan dapat merusak sel-selnya. Semakin lama penggunaaan handphone, mengakibatkan semakin parahnya radiasi yang diterima tubuh.

Efek yang ditimbulkan bisa saja hanya bergejala ringan seperti sakit kepala, ataupun telinga terasa panas, tapi jika dibiarkan lama kelamaan dapat mengakibatkan kanker karena efek radiasi tersebut.

Namun bukan berarti kita tidak boleh menggunakan handphone sama sekali. Kita masih dpaat menggunakannnya namun harus dengan cara yang sehat. Pakailah earphone bila melakukan panggilan, ini untuk menjauhkan jarak dari sumber radiasi ke tubuh kita. Lalu hindarilah penggunaannya dalam waktu yang lama, hal ini untuk meminimalisir paparan radiasi ke tubuh kita.

Baca juga:

2 Komentar