Sukses

Jangan Makan Telur Mentah!

Hindarilah mengkonsumsi telur mentah. Pasalnya, lebih banyak risiko kerugian kesehatannya daripada manfaat kesehatannya. Simak penjelasan dr. Dina Kusumawardhani berikut ini.

Klikdokter.com – Hampir semua orang menyukai telur. Selain karena rasanya yang lezat dan ekonomis, telur juga kaya akan nutrisi.

Ada berbagai cara memasak telur seperti direbus, digoreng, dicampur dengan bahan makanan lain, bahkan ada pula yang mengkonsumsi telur dalam bentuk mentah untuk alasan kesehatan.

Pada sebagian kalangan masih besar anggapan bahwa telur yang dimakan mentah lebih memiliki nutrisi daripada yang sudah diproses.

Anggapan ini sebenarnya menyimpan bahaya kesehatan lebih jauh. Pasalnya, mengkonsumsi telur mentah justru memiliki risiko kesehatan lebih besar daripada manfaat kesehatan yang didapat?

Kenapa mengkonsumsi telur mentah tidak dianjurkan?

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

1 dari 4 halaman

Kenapa Mengkonsumsi Telur Mentah Tidak Dianjurkan?

Makanan yang dibuat dari telur mentah atau setengah matang dapat menyebabkan keracunan makanan karena bakteri yang terkandung dalam telur, yaitu bakteri Salmonella enteriditis.

Memang tidak semua telur mengandung bakteri Salmonella, namun mencegah lebih baik daripada mengobati.

Bakteri ini dapat mudah berkembang terutama pada telur yang dibiarkan pada suhu ruangan selama beberapa hari (tidak dimasukkan ke dalam lemari pendingin).

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

2 dari 4 halaman

Siapa yang Paling Berisiko Keracunan Salmonella?

Pada prinsipnya semua orang berisiko, namun demikian ada beberapa kalangan yang memiliki lebih besar risiko, berikut diantaranya:

  • Orang lanjut usia,

  • anak-anak, dan

  • mereka yang memiliki daya tahan tubuh lemah (pengidap HIV-AIDS, diabetes) sangat berisiko terkena infeksi ini dan gejalanya bisa lebih berat. Pada pasien-pasien ini, infeksi dapat menyebar dari saluran pencernaan ke pembuluh darah.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

3 dari 4 halaman

Apa Gejala Keracunan Salmonella?

Gejala biasanya muncul 6-36 jam setelah mengkonsumsi telur mentah, berupa:

·         Demam
·         Nyeri perut
·         Diare
·         Mual
·         Muntah
·         Pusing
·         Dehidrasi

Beberapa makanan yang mengandung telur mentah diantaranya mayonnaise, saus salad, eskrim, tiramisu, dan mousse. Untuk mencegah infeksi ini, pastikan telur benar-benar matang sebelum dikonsumsi. Jika terpaksa menggunakan telur mentah sebagai bahan makanan, pilihlah telur yang sudah dipasteurisasi.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](DK)

Ditulis oleh:

dr. Dina Kusumawardhani

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com 

 

0 Komentar

Belum ada komentar