Sukses

Keistimewaan Sehatnya Yoghurt

Sudah sering info kesehatan soal manfaat yoghurt untuk tubuh? Nah, apakah Anda sudah tahu juga kalau yoghurt ternyata bisa juga untuk kesehatan perut? Nih simak selengkapnya dengan dr. Adithia Kwee disini.

Klikdokter.com - Apakah Anda termasuk penggemar yoghurt ? Ya, siapa yang tidak mengenal yoghurt. Minuman yang rasanya asam ini sekarang sudah sangat dekat di telinga masyarakat. Minuman yang termasuk produk olahan susu ini mulai banyak dijual dengan berbagai merk dan mudah didapat. Beraneka rasa yang ditawarkan membuat penikmat yoghurt semakin bertambah dari waktu ke waktu. Selain rasanya yang asam dan membuat segar ternyata yoghurt memiliki banyak keistimewaan. Meskipun begitu, ada beberapa kalangan yang tidak menyukai rasa asamnya padahal yoghurt sangat bagus untuk kesehatan.

 

1.       Keistimewaan Kandungan Yoghurt

Kita tentu tahu bahwa yoghurt merupakan hasil olahan susu. Berarti dengan mengkonsumsi yoghurt, sama saja kita mengkonsumsi protein hewani, yaitu sekitar 9 gram perotein dalam 6 ons yoghurt. Selain protein, nutrisi lain juga terkandung di dalamnya, seperti kalsium, vitamin B2, vitamin B12, potassium, dan magnesium.  

 

2.       Keistimewaan Meningkatkan Pertahanan Tubuh

Dan yang tidak bisa kita lupakan adalah adanya kandungan probiotik di dalam yoghurt. Probiotik adalah bakteri baik yang secara normal terdapat dalam sistem saluran cerna manusia. Dengan kita mengonsumsi bakteri baik ini, tentunya dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh kita sehingga tidak mudah terserang penyakit, khususnya yang terdapat di saluran cerna. Penelitian membuktikan dengan mengkonsumsi yoghurt setiap hari selama 2 minggu ternyata mampu meningkatkan pertahanan tubuh di saluran cerna. (Baca: 3 Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh)

 

3.       Keistimewaan Mencegah Penyakit

Mengkonsumsi yoghurt dapat mencegah kita dari intoleransi lakosa, diare, konstipasi, kanker usus besar, peradangan usus, dan infeksi H.pylori. Selain itu, ternyata mengkonsumsi yoghurt dapat menurunkan risiko terkena infeksi vagina oleh jamur Candida. Dengan rajin mengkonsumsi yoghurt, ternyata dapat menurunkan pH vagina (pH normal vagina adalah 4.0 – 4.5). Kandungan kalsium yang tinggi di dalam yoghurt juga ternyata bermanfaaat untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

 

Anda tidak menyangka bukan ternyata banyak sekali yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi si asam ini. Bagi Anda yang belum terbiasa dengan rasa asamnya, cobalah perlahan supaya Anda menyukainya karena ternyata yoghurt sangat baik untuk kesehatan kita. Selamat mencoba.

 

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](AK)

 

Baca juga:

Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan Gigi

5 Rahasia Kesehatan Es Krim

6 Cara Aneh untuk Tidak Mudah Sakit

 

Ditulis oleh:

dr. Adithia Kwee

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com

0 Komentar

Belum ada komentar