Mata

9 Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat!

dr. Jessica Florencia, Sp.PK, 14 Apr 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Menjaga kesehatan mata harusnya menjadi priorits utama kita. Apalagi jika kita sering bekerja dengan layar digital dalam waktu cukup lama. Praktikkanlah beberapa tips di bawah ini

9 Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat!

Klikdokter.com - Mata adalah jendela dunia. Dengan mata, berbagai aktivitas kita dapat dilakukan dengan lebih mudah. Untuk itu, menjaga kesehatan mata harusnya menjadi priorits utama kita. Apalagi jika kita sering bekerja dengan layar digital dalam waktu cukup lama. Praktikkanlah beberapa tips di bawah ini untuk senantiasa menjaga kesehatan mata Anda!

1. Sering bekerja dengan komputer? Sering melihat layar digital dalam waktu lama?

Sering bekerja di depan layar digital dapat membuat mata Anda cepat lelah dan kering. Untuk itu Anda dapat mempraktikkan aturan 20-20-20 yang telah disepakati oleh para ahli sebagai cara untuk menjaga mata tidak terlalu ‘tersiksa’. Setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan melihat ke kejauhan sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.

Gunakan layar penggelap dan aturlah kecerahan layar digital Anda sehingga tidak terlalu memberatkan mata Anda.

2. Gunakan kacamata surya!

Radiasi sinar matahari dapat menyebabkan katarak pada mata berkembang lebih cepat. Untuk itu, jika Anda berada di luar ruangan, gunakanlah kacamata surya yang melindungi Anda dari UV-A dan UV-B. Topi atau paying juga dapat membantu melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet.

3. Gunakan kacamata pelindung mata.

Jika Anda bekerja dengan bahan-bahan kimia atau alat-alat yang dapat membahayakan mata maka sebaiknya Anda menggunakan kacamata pelindung mata untuk menghindari trauma fisik atau kimia yang dapat menyebabkan kebutaan.

4. Makanan sehat untuk mata

Kesehatan mata dipengaruhi oleh kesehatan sel-sel saraf dan juga pembuluh darah. Untuk itu, makanan-makanan yang baik untuk kesehatan aliran darah juga dapat dikonsumsi seperti buah-buahan, sayuran hijau gelap dan gandum.

Makanan tinggi kandungan Zinc seperti kacang-kacangan, daging merah tanpa lemak, daging unggas dapat melindungi mata dari kerusakan karena cahaya. Vitamin A membantu sel-sel penglihatan.

5. Rawatlah kontak lensa Anda

Jaga kebersihan kontak lensa, selalu perhatikan kebersihan tangan saat memakai kontak lensa dan jangan memakai kontak lensa saat tidur. Gunakan cairan kontak lensa yang sesuai dengan perhatikan tanggal kadaluwarsa dari cairan dan kontak lensa Anda.

6. Perhatikan dengan seksama rias mata Anda

Sebaiknya jangan menggunakan riasan mata yang sudah berusia lebih dari 3 bulan, terutama dalam bentuk cairan atau krim seperti misalnya mascara. Selalu gunakan riasan mata dalam keadaan bersih dan bersihkan kembali riasan mata dengan seksama sebelum tidur.

7. Berhenti merokok

Merokok dapat mempercepat kejadian katarak dan dapat menyebabkan keluhan mata kering dan tidak nyaman. Pengaruhnya terhadap pembuluh darah juga membahayakan pembuluh darah retina sehingga dapat menyebabkan kebutaan.

8. Jangan sepelekan keluhan mata

Jangan hiraukan keluhan mata gatal dan merah, atau kelilipan. Tangani dengan tetes mata yang dapat dijual bebas atau dengan membilas mata dengan air bersih. Jangan menggosok-gosok mata jika keluhan terus mengganggu. Kunjungilah dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

9. Pemeriksaan mata rutin

Jangan anggap remeh pemeriksaan mata rutin, meskipun Anda tidak memakai kacamata. Usahakan untuk memeriksakan kesehatan mata paling tidak 2-3 tahun sekali jika Anda tidak memiliki keluhan. Namun jika Anda memakai kontak lensa, mengidap diabetes, tekanan darah tinggi dan memiliki riwayat penyakit mata dalam keluarga, maka pemeriksaan 1 tahun sekali sangat dianjurkan.

Kalau bukan Anda sendiri, siapa lagi yang akan menjaga kesehatan mata Anda sendiri? Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](JF)

Tips Jaga Mata Sehat

Konsultasi Dokter Terkait