Sukses

Buah Alpukat Ternyata Berkolesterol!

Siapa yang tidak mengenal buah alpukat? Buah ini termasuk buah yang banyak disukai karena tekstrunya yang lembut dan rasanya yang khas. Selain rasanya yang enak, alpukat juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi yaitu berupa kolesterol

Oleh: dr. Adithia Kwee

KLIKDOKTER.com - Siapa yang tidak mengenal buah alpukat? Buah ini termasuk buah yang banyak disukai karena tekstrunya yang lembut dan rasanya yang khas. Selain rasanya yang enak, alpukat juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi yaitu berupa kolesterol.

Mendengar bahwa kolesterol tinggi terkandung dalam alpukat sering membuat orang menjadi ragu untuk mengkonsumsi buah ini karena takut akan meningkatkan kadar kolesterol darahnya, terutama orang-orang yang memang sudah memiliki riwayat penyakit kolesterol.

Sebenarnya tidak ada yang perlu ditakutkan mengkonsumsi alpukat. Kolesterol yang terdapat dalam buah ini justru merupakan kolesterol baik yaitu HDL yang berfungsi untuk membantu meluruhkan kolesterol jahat yaitu LDL dari dinding pembuluh darah dan membawanya ke hati untuk dihancurkan.

Kolesterol baik ini dapat pula membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Kolestrerol jahat (LDL) dan trigliserida sering membentuk plak pada dinding pembuluh darah yang nantinya lama-kelamaan dapat menyumbat pembuluh darah tersebut sehingga mengkonsumsi alpukat secara tidak langsung dapat  mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

Jadi, jangan takut mengkonsumsi alpukat ya![](AN)

Baca Juga:

    0 Komentar

    Belum ada komentar