Sukses

Diet Rendah Lemak

Diet Rendah Lemak

Oleh : dr. Tri rejeki Herdiana

Klikdokter.com - Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, Anda sebaiknya mengurangi atau sama sekali tidak mengonsumsi lemak jenuh dan trans-fat serta menggantinya dengan lemak tak jenuh (monounsaturated atau polyunsaturated fat). Anda juga sebaiknya mengurangi jumlah asupan lemak per harinya.

The American Heart Association merekomendasikan asupan kolesterol perhari kurang dari 300 mg. Apabila memiliki penyakit jantung, asupan kolesterol sebaiknya kurang dari 200 mg.

Minumlah minyak ikan secara teratur. Minyak ikan banyak mengandung lemak poliunsaturated atau yang dikenal dengan omega-3 yang dapat menurunkan kadar trigliserida dan mencegah pembekuan (clotting) darah, dan membantu mengatur irama jantung.

Makanlah makanan dengan kandungan serat tinggi. Makanan yang kaya akan serat (10-25 g/hari) diantaranya adalah kacang-kacangan, kacang polong, gandum, buah, dan sayuran yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Komposisi nutrisi rendah kolesterol dalam diet seimbang dapat dilihat di tabel berikut:

Nutrisi

Rekomendasi Asupan

Lemak Jenuh (saturated fat)

Kurang dari 7% total kalori

Polyunsaturated fat (PUFA)

Lebih dari 10% total kalori

Monounsaturated fat (MUFA)

Lebih dari 20% total kalori

Total lemak

25-35% total kalori

Karbohidrat Kompleks (gandum, buah, sayuran)

50-60% total kalori

Serat

20-30 g/hari

Protein

15% dari total kalori

Kolesterol

Kurang dari 200 mg/hari

Total Kalori (energi)

Keseimbangan antara asupan masuk dan keluar (olahraga) untuk menjaga berat badan atau mencegah kenaikan berat badan

Namun menjaga pola makan harus juga diikuti dengan aktivitas olahraga secara rutin. Lakukanlah aktivitas fisik teratur. Aktivitas fisik atau olahraga yang teratur dapat membantu meningkatkan kadar HDL. Apabila olaharaga dilakukan secara teratur, dapat membantu mengontrol diabetes, tekanan darah tinggi, dan berat badan-seluruh faktor risiko penyakit jantung.

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](TRH/DA)

Baca juga:

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar