Sukses

Jangan Sembarangan, Ini Cara Memilih Pasta Gigi yang Benar

Memilih pasta gigi tak boleh sembarangan. Ini caranya yang benar agar gigi Anda selalu sehat.

Pasta gigi adalah bagian penting dari rutinitas kebersihan mulut harian Anda. Bersama dengan sikat gigi dan benang gigi, ini dapat membantu menghilangkan sisa-sisa makanan dan plak yang menempel. Oleh karena itu, cara memilih pasta gigi perlu mendapat perhatian khusus.

Meski bentuknya dapat berupa pasta atau gel, namun semua pasta gigi umumnya memiliki kandungan dengan komponen umum yang sama. Berikut adalah cara memilih pasta gigi yang benar: 

  1. Pastikan Terdapat Kandungan Aktif dalam Pasta Gigi

Umumnya pasta gigi terbuat dari bahan aktif yang memiliki masing-masing fungsi. Misal, bahan abrasif yang mampu mengangkat kotoran dan plak pada gigi. 

Selain itu, baking soda atau hidrogen peroksida biasanya digunakan untuk membuat gigi menjadi lebih bersih. Dalam penggunaan yang tepat, hidrogen peroksida juga dapat membuat gigi tampak lebih putih.

Artikel Lainnya: Ini Alasan Pasta Gigi Memiliki Banyak Varian

  1. Pilih Kandungan Fluoride yang Sesuai

American Dental Association (ADA) menganggap bahwa fluoride sebagai bahan penting dalam pasta gigi. Fluoride adalah mineral alami yang melindungi lapisan email gigi sehingga membuat gigi lebih kuat dan mencegah kerusakan gigi atau gigi berlubang

Meski begitu, fluoride bukanlah kandungan yang aman bagi tubuh. Oleh karenanya, pastikan untuk memilih kandungan fluoride yang tepat.

  1. Terdapat Tartar Control

Pilih jenis pasta gigi tartar di mana pasta gigi ini berfungsi untuk menghilangkan lapisan plak yang terdapat pada permukaan gigi. Ini berasal dari senyawa aktif pirofosfat, seng sitrat, dan triclosan.

  1. Membaca Label dengan Cermat

Dianjurkan untuk selalu memeriksa label dengan cermat. Tidak semua jenis pasta gigi cocok untuk semua orang. Misalnya, beberapa produk tidak cocok untuk anak kecil. 

Produsen juga biasanya akan memasukkan perasa dan pemanis pada label. Dengan membacanya secara teliti, Anda dapat menghindarinya jika sensitif terhadap kandungan kimia tersebut. 

Artikel Lainnya: Gigi Sering Ngilu, Haruskah Pakai Pasta Gigi Khusus?

  1. Pilih Berdasarkan Kondisi Gigi

Orang dengan masalah gigi tertentu harus memilih pasta gigi yang memenuhi kebutuhan spesifik mereka. Misal jika gigi Anda sensitif, lebih baik pilih pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. 

Pasta gigi khusus gigi sensitif mengandung senyawa tertentu, seperti kalium nitrat, sehingga mampu menghilangkan sinyal rasa sakit.

  1. Pemilihan Pasta Gigi Pemutih

Banyak orang menginginkan gigi yang lebih putih dan senyum yang indah. Oleh karena itu, pasta gigi pemutih menjadi pilihan yang diambil. Tapi jangan sembarang dalam memilih pasta gigi ini.

Pasta gigi pemutih mengandung bahan abrasif yang dapat memoles gigi atau menghilangkan noda dari permukaan gigi. Namun, orang dengan gigi sensitif mungkin perlu menghindari pasta gigi ini, sebab bahan kimia yang ada di dalamnya dapat memperburuk sensitivitas.

  1. Pilih Kandungan dengan Detergen yang Sedikit

Busa yang terlalu banyak mengindikasikan bahwa kandungan detergen yang ada di dalamnya cukup banyak. Jika Anda yang mengatakan bahwa semakin banyak busa maka akan semakin baik, hal ini sebenarnya tidak tepat.

Artikel Lainnya: Tips Memilih Sikat Gigi

  1. Pilih Pasta Gigi Sesuai Umur

Jika pasta gigi tersebut akan digunakan oleh anak Anda, pilih pasta gigi yang dirancang khusus untuk anak-anak. Ini penting karena sering kali mereka cenderung menelan pasta gigi mereka, sehingga perhatikan selalu cara memilih pasta gigi yang tepat untuk anak Anda. 

  1. Pilih Pasta Gigi dengan Rasa Favorit untuk Anak

Berbagai rasa pada pasta gigi anak-anak dapat Anda temukan. Pilihlah rasa yang menjadi favorit mereka. Hal itu akan mendorong anak untuk selalu rajin dalam menyikat gigi. Namun, pastikan agar mereka tidak memakan atau menelannya.

  1. Cek Sertifikasi Keamanan 

Pastikan pasta gigi tersebut sudah tersertifikasi dan lulus uji coba dari Lembaga Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) serta Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI), sehingga aman untuk digunakan.

Sekian informasi mengenai cara memilih pasta gigi yang benar. Meskipun memilih pasta gigi mungkin tampak sepele, namun dengan menggunakan pasta gigi yang tepat dapat berkontribusi pada kesehatan gigi dan mulut. 

Oleh karena itu, lakukanlah beberapa cara memilih pasta gigi di atas sebelum Anda menentukan pasta gigi yang akan digunakan. Jangan lupa untuk selalu diimbangi dengan teknik menyikat gigi yang benar.

[FY/ RS]

3 Komentar