Sukses

Tips Berpuasa bagi Penderita Diabetes

Berpuasa dapat menurunkan kadar gula darah secara drastis bagi penderita diabetes. Untuk menghindarinya, ini 10 tips puasa bagi penderita diabetes.
Selain untuk menjalankan kewajiban agama, berpuasa punya manfaat yang baik bagi kesehatan. Misalnya, untuk memangkas berat badan, menurunkan kadar kolesterol, dan mengurangi peradangan pada tubuh. Namun, bagaimana dengan berpuasa bagi penderita diabetes?

Puasa bagi Penderita Diabetes

Puasa memang memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk bagi penderita diabetes. Berpuasa dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus mengontrol kadar gula darah.

Namun nyatanya, American Diabetes Association (ADA) tidak merekomendasikan puasa sebagai teknik untuk mengontrol diabetes. Menurut teori, puasa bagi penderita diabetes tipe 2 dapat meningkatkan risiko hipoglikemia dari kurangnya asupan makanan.

Di sisi lain, risiko hiperglikemia juga meningkat akibat penderita mencoba meminimalkan penggunaan obat antidiabetes. Belum lagi, ada kecenderungan untuk makan berlebihan saat berbuka puasa.

Saat kondisi hipoglikemia atau hiperglikemia terjadi, penderita akan merasakan gejala sakit kepala, lemas, sering haus, kejang, hingga tak sadarkan diri. Kondisi ini berbahaya sehingga Anda harus segera mendapatkan penanganan medis.

Artikel lainnya: Waspada Hipoglikemia Saat Puasa pada Penderita Diabetes Tipe 2

1 dari 2 halaman

Tips Berpuasa Aman bagi Penderita Diabetes

Meskipun berisiko, berdasarkan data yang ada, sekitar 50 juta penderita diabetes tetap menjalankan ibadah puasa setiap tahunnya. Nah, agar risiko di atas dapat diminimalkan, ada beberapa cara berpuasa bagi penderita diabetes yang dapat diaplikasikan, yaitu:

  1. Konsultasikan dengan Dokter Anda Saat Rencanakan Puasa

Puasa bagi penderita diabetes boleh saja dilakukan. Tapi sebelum menjalankannya, ada baiknya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter agar terhindar dari komplikasi yang tak diinginkan.

Anda pun bisa mendapatkan saran dan penyesuaian penggunaan obat diabetes selama berpuasa.

  1. Cek Gula Darah secara Rutin

Pengecekan gula darah bukanlah hal yang membatalkan puasa bagi penderita diabetes. Jadi, pastikan Anda melakukan cek rutin untuk mengontrol kadar gula darah tetap dalam batas normal.

Apabila hasilnya hipoglikemia (gula darah rendah) dan hiperglikemia (gula darah tinggi), segeralah batalkan puasa Anda.

  1. Pastikan Kebutuhan Cairan Terpenuhi

Konsumsi air putih sangat penting untuk mencegah tubuh terkena dehidrasi. Pastikan Anda tetap memenuhi kebutuhan cairan minimal 2 liter untuk mengganti cairan yang hilang selama berpuasa.

  1. Gunakan Obat Sesuai Petunjuk Dokter

Perubahan waktu makan selama berpuasa pasti juga mengubah waktu mengonsumsi obat diabetes. Jadi, ikuti arahan dokter mengenai perubahan waktu dan dosis minum obat selama berpuasa agar kadar gula darah Anda tetap terkontrol.

  1. Hindari Makan Berlebih Saat Berbuka Puasa

Setelah berpuasa seharian, nafsu makan pasti meningkat saat berbuka. Penderita diabetes sangat penting untuk mengatur asupan kalori saat berbuka puasa agar tidak terjadi peningkatan gula darah yang signifikan.

Artikel lainnya: 4 Gangguan Kesehatan Ini Intai Penderita Diabetes yang Puasa

  1. Jangan Lewatkan Makan Sahur

Waktu makan sahur yang dilakukan dini hari, membuat banyak orang sering melewatkannya. Padahal makan sahur ini penting agar tubuh Anda memiliki cadangan energi. Pastikan konsumsi makanan secara adekuat saat sahur.

  1. Konsumsi Makanan Tinggi Protein dan Serat

Makanan tinggi protein dan serat dipercaya dapat mengelola rasa lapar dengan baik karena memberikan efek rasa kenyang lebih lama. Konsumsilah makanan seperti nasi merah, gandum, ikan, telur, sayur dan buah untuk mencukupi kebutuhan protein serta serat.

  1. Jangan Konsumsi Makanan Manis secara Berlebih

Mengonsumsi makanan manis secara berlebih adalah hal yang harus dihindari penderita diabetes agar tidak lonjakan gula darah.

  1. Tetap Olahraga

Olahraga tetap diperbolehkan saat menjalani puasa, asal tidak berlebihan. Lakukanlah olahraga ringan seperti berjalan, peregangan ringan, bahkan melakukan pekerjaan rumah saja sudah cukup agar tubuh tetap bugar.

  1. Pertimbangkan Konsumsi Suplemen

Berpuasa secara teratur memungkinkan tubuh sulit memenuhi kebutuhan nutrisi dan kehilangan nutrisi penting. Untuk itu, perlu dipertimbangkan untuk mengonsumsi multivitamin agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi.

Itulah 10 tips berpuasa bagi penderita diabetes. Yang perlu diingat, konsultasikan pada dokter sebelum berpuasa. Jika merasa pusing, seperti mau pingsan, penglihatan buram, denyut jantung tak beraturan dan bingung, sebaiknya segera batalkan puasa. Intip tips kesehatan bagi penderita diabetes lainnya di aplikasi KlikDokter.

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar