Sukses

Pembantu Rumah Tangga Menyebabkan Anak Kegemukan

Studi menunjukkan bahwa ada hubungan erat antara kelebihan berat badan dengan kualitas hidup pada anak. Pada saat ini ada kekhawatiran besar, yang menghubungkan obesitas dengan masalah fisik dan psikologikal di remaja dan merupakan pemicu perkembangan obesitas pada dewasa...

KlikDokter.com - Studi menunjukkan bahwa ada hubungan erat antara kelebihan berat badan dengan kualitas hidup pada anak. Kualitas hidup yang dimaksud adalah pada intinya adalah keseluruhan anak yang dapat dilihat dari keberadaan material, sosial, emosional, dan produktivitas. Pada saat ini ada kekhawatiran besar, yang menghubungkan obesitas dengan masalah fisik dan psikologikal di remaja dan merupakan pemicu perkembangan obesitas pada dewasa.

Overweight (kelebihan berat badan) adalah suatu kondisi dimana terdapat kelebihan lemak tubuh. Obesitas adalah suatu kondisi medis dimana terjadi kelebihan lemak pada tubuh yang dapat mempengaruhi kesehatan, yang juga dapat mempengaruhi lamanya hidup dan peningkatan masalah kesehatan. Seseoarang dapat dikatakan obesitas bila dinilai dengan IMT (index Masa Tubuh) yang lebih dari 30 kg/m2.

1 dari 2 halaman

Kegemukan Pada Anak Akibat Pembantu Rumah Tangga

Kondisi kelebihan berat badan ini sering terjadi pada kondisi dimana tersedianya suplai makanan berlebihan dan kehidupan dimana tidak adanya atau terbatasnya aktivitas fisik.

Keterbatasan aktivitas fisik merupakan salah satu penyebab paling signifikan kelebihan berat badan, dimana dilaporkan bahwa terjadi penurunan aktivitas fisik sebanyak 30% pada seluruh populasi di dunia. Hal ini paling sering disebabkan oleh perkembangan teknologi yang membuat manusia menjadi serba mudah, namun terdapat studi yang mengaitkan obesitas dengan adanya beberapa pembantu di dalam rumah.

Studi yang dilakukan oleh Chan dan Wang, tahun 2013 dimana mereka meneliti 300 anak di usia 2–7 tahun di Hongkong menunjukkan bahwa 27,4 % anak yang kelebihan berat badan memiliki pembantu rumah tangga yang lebih dari 1 dan anak-anak dengan berat badan dibawah normal adalah anak dengan pembantu rumah tangga kurang dari 2 orang.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Musaiger di Journal of Obesity juga melaporkan bahwa erat hubungannya antara obesitas di wanita Saudi Arabia dengan aktivitas fisik yang kurang oleh sebab adanya pembantu rumah tangga. 

Studi-studi yang banyak dilakukan menunjukkan bahwa obestitas merupakan masalah yang cukup penting dalam dunia saat ini, dimana dibutuhkan penanganan segera unutk mencegah dan mengobatinya!

0 Komentar

Belum ada komentar