Sukses

Mencegah Kembung

Mencegah Kembung


Oleh : dr. Riska I. Puteri Iskandar

Klikdokter.com - Perasaan kembung mungkin sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Seringkali kita merasa terganggu dengan kehadiran rasa ‘kembung’ ini. Kembung sendiri memiliki arti penumpukan udara di dalam sistem pencernaan yang mengakibatkan rasa tidak nyaman.

Selain itu, perut yang kembung juga dapat mengganggu penampilan karena menambah sekitar 8 cm ukuran lingkar pinggang baik pada  pria maupun wanita.  Sekitar 20% penyebab kembung berasal dari gas yang kita telan, dan 80% sisanya berasal dari produk pencernaan.

Makanan yang dikonsumsi oleh seseorang akan dicerna di dalam sistem pencernaan. Namun, beberapa diantaranya tidak dapat dicerna dan sulit untuk diserap oleh usus akibat akibat kurangnya atau tidak adanya enzim tertentu yang membantu pencernaan.

Beberapa makanan yang dapat menyebabkan perut menjadi kembung adalah:

  1. Minuman berkarbonasi karena terdapat kandungan gas di dalamnya dan pemanis buatan yang banyak terdapat dalam minuman soda, permen karet dan permen  dimana sulit untuk dipecah.
  2. Gandum dan produk susu dapat menyebabkan rasa kembung terutama bagi mereka yang menderita intoleransi laktosa atau alergi.
  3. Beberapa jenis buah dan sayur-sayuran termasuk kacang-kacangan, kentang, brokoli, pisang dan kismis memang termasuk makanan yang baik untuk kesehatan. Namun makanan tersebut mengandung gula kompleks dan tepung yang sulit dipecah dan dapat menyebabkan kembung

Sedangkan beberapa cara untuk mencegah kembung:

  1. Hindari dan kurangi konsumsi minuman berkarbonasi dan pemanis buatan
  2. Cari makanan bebas gluten
  3. Cari makanan bebas produk susu atau yang mengandung lactase. Misalnya produk dari kedelai atau nasi
  4. Konsumsi obat dijual bebas yang memiliki kandungan simethicone

Selain berasal dari gas dan produk makanan yang tidak tercerna secara sempurna, rasa kembung juga dapat disebabkan karena adanya penyakit yang lebih serius seperti irritable bowel syndrome ,radang usus halus  dan lainnya yang berhubungan dengan saluran pencernaan. Jika tips diatas tidak berhasil, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter Anda.[](RIPI)

    0 Komentar

    Belum ada komentar