Sukses

Wanita, Tetap Rawan Jantungan

Tak hanya pria. Perempuan muda pun tak luput dari 'intaian' serangan jantung. Di Amerika Serikat, tercatat kematian wanita muda yang terkena serangan jantung

Tak hanya pria. Perempuan muda pun tak luput dari ''intaian'' serangan jantung. Di Amerika Serikat, tercatat kematian wanita muda yang terkena serangan jantung akut 30 persen dibandingkan pria.

Penelitian sebelumnya menyebutkan, risiko jantungan perempuan berusia kurang dari 55 tahun dua kali lebih besar dibandingkan dengan pria berusia sama. Dibandingkan satu dekade lalu, kondisi itu masih lebih baik. ''Masih ada gap, meski semakin kecil,'' tutur dr Viola Vaccarino dari Universitas Emory, Atlanta.

Dalam penelitiannya, Vaccarino mempelajari serangan jantung berdasar umur dan gender pada 1994-2006. Dalam studi itu, dilibatkan 916.380 pasien yang teregistrasi secara nasional.

Belum jelas penyebab perbaikan bertahan hidup pada pasien wanita. Tapi, dalam penelitian Vaccarino tersebut diketahui bahwa penyebab serangan jantung, seperti diabetes, kolesterol, dan hipertensi, juga menurun.

Bagaimana tanda serangan jantung Pada pria dan wanita, tanda umumnya adalah nyeri dada. Namun, kebanyakan perempuan juga mengeluhkan napas terasa berat, mual, nyeri punggung, serta nyeri daerah dagu.

    0 Komentar

    Belum ada komentar