HomeInfo SehatPencernaan3 Hal yang Wajib Anda Ketahui tentang Mag
Pencernaan

3 Hal yang Wajib Anda Ketahui tentang Mag

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 09 Nov 2016

Sering merasakan gejala mag? Inilah 3 hal yang wajib Anda kethui tentang penyakit ini!

3 Hal yang Wajib Anda Ketahui tentang Mag

Mag merupakan jenis penyakit yang hampir setiap orang pernah merasakan gejalanya. Begitu banyak informasi tentang penyakit mag hingga sulit memilah mana yang benar-benar penting untuk Anda ketahui. Inilah tiga hal tentang mag yang wajib Anda ketahui:

  1. Apa itu mag dan bagaimana mengetahui bahwa Anda menderita mag.          

Pada dasarnya, mag adalah iritasi pada dinding lambung yang secara normal berfungsi untuk melindungi lambung dari asam dan kuman. Pada penyakit mag, terganggunya keadaan dinding lambung dapat disebabkan beberapa hal –seperti bakteri, obat-obatan tertentu, dan alkohol. Gejala yang umumnya dirasakan penderita mag antara lain nyeri perut, rasa begah, kembung, mual-muntah, dan berkurangnya nafsu makan. Gejala ini biasanya dirasakan setelah makan –ketika lambung memproduksi asam, dan 3-4 jam setelah makan saat lambung mulai kosong. Ini akan membaik saat penderita mengonsumsi makanan.

  1. Jika mengalami gejala mag, inilah pemeriksaan yang harus dilakukan.

Untuk mengetahui penyebab dari gejala mag, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik ke area perut. Dapat pula dilakukan pemeriksaan penunjang jika diperlukan. Pada penderita mag, biasanya akan dilakukan pemeriksaan gastroskopi untuk melihat kondisi dinding esofagus, lambung, dan usus. Pemeriksaan gastroskopi dilakukan dengan memasukkan alat melalui mulut, dan berlangsung sekitar 5-10 menit.

  1. Jika terdiagnosis mag, begini cara mengatasinya.

Cara yang paling sederhana mengatasi mag adalah mencari pemicunya –seperti stres, pola makan tidak teratur, konsumsi alkohol, atau merokok. Ubah gaya hidup yang dapat menyebabkan mag. Jika hal ini belum bisa menghilangkan gejala mag, maka diperlukan terapi obat-obatan untuk menanganinya. Beberapa obat yang biasanya diberikan pada penderita mag adalah Proton Pump Inhibitor (PPI) –seperti omeprazole, H2 Blocker –seperti ranitidine, dan antasida untuk menetralkan asam dalam lambung.

Demikian tiga hal yang harus Anda ketahui tentang mag. Sayangi tubuh Anda, deteksi dini gejala mag dan atasi dengan pola hidup sehat!

(NB/RH)

Artikel Terkait

Lihat Semua
6 Makanan Penyebab Diare yang Perlu Dihindari

6 Makanan Penyebab Diare yang Perlu Dihindari

Pencernaan27 Jul 2022

Ada beberapa jenis makanan yang ternyata dapat menjadi penyebab diare dan sebaiknya dihindari. Apa saja? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Obat Alami yang Ampuh Mengatasi Diare

Obat Alami yang Ampuh Mengatasi Diare

Pencernaan26 Jul 2022

Diare tak hanya bisa disembuhkan menggunakan obat kimia, tetapi juga bisa diatasi dengan obat alami. Apa saja bahan alami yang bisa membantu mengatasi diare?

Obat Mual dan Muntah untuk Orang Dewasa di Apotek 

Obat Mual dan Muntah untuk Orang Dewasa di Apotek 

Pencernaan23 Jul 2022

Keluhan mual dan muntah bisa diatasi dengan mengonsumsi obat. Kita ulas 5 obat mual dan muntah yang perlu kamu tahu.  

Aqua Panas Ujan
Pepsodent Sensitive Mineral Expert