HomeInfo SehatMataPenyebab dan Solusi Mata Kering
Mata

Penyebab dan Solusi Mata Kering

dr. Nadia Octavia, 01 Mar 2015

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Penyebab dan Solusi Mata Kering. Sebetulnya banyak faktor yang menjadi penyebab mata kering, di antaranya adalah faktor usia dan lingkungan. Meskipun banyak dijumpai orang yang menderitanya, mata kering dapat diatasi dengan mudah dengan cukup perawatan di

Penyebab dan Solusi Mata Kering

KLIKDOKTER.com - Air mata dibutuhkan untuk melembabkan mata yang berfungsi menjaga penglihatan kita tetap tajam. Ada tiga lapisan air mata yang normal, yaitu lapisan lipid, air, dan lapisan mucin. Ketiganya berfungsi membuat mata tetap lembab dengan membasahi seluruh permukaan kornea dan mencegah terjadinya penguapan.

Jika salah satu dari ketiga unsur ini tidak berfungsi dengan normal, lapisan air mata menjadi tidak stabil. Lapisan air mata yang tidak stabil lebih mudah menguap sehingga menyebabkan mata kering.

Gejala-gejala pada mata yang biasa dikeluhkan oleh penderita mata kering adalah:

  • Terasa kering, gatal, panas, merah, pedih dan berair.
  • Lebih sensitif kepada cahaya, asap rokok, panas matahari, dan angin.
  • Mudah lelah saat membaca, melihat TV dan layar komputer.
  • Penglihatan kabur.
  • Terasa lengket dan mengeluarkan kotoran berlendir. Pada beberapa kasus, penderita merasa kelilipan atau kemasukan benda asing.

Sebetulnya banyak faktor yang menjadi penyebab mata kering, di antaranya adalah faktor usia dan lingkungan. Meskipun banyak dijumpai orang yang menderitanya, mata kering dapat diatasi dengan mudah dengan cukup perawatan di rumah. Halaman berikut menjelaskan langkah-langkah yang dapat diambil:

  1.  

Pencegahan Mata Kering

Matafres-banner-690x150px

Sebetulnya banyak faktor yang menjadi penyebab mata kering, di antaranya adalah faktor usia dan lingkungan. Meskipun banyak dijumpai orang yang menderitanya, mata kering dapat diatasi dengan mudah dengan cukup perawatan di rumah.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diambil:

  1. Menggunakan obat tetes mata yang tidak mengandung pengawet. Ini membantu mengurangi keluhan yang dialami oleh penderita mata kering.
  2. Memakai kacamata hitam dengan UV-filter ketika beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi mata dari angin dan pengaruh sinar ultraviolet di terikmatahari.
  3. Atur kelembaban rumah antara 60% - 80%
  4. Mengompres mata dengan air hangat
  5. Jangan menahan berkedip. Menutup mata selama 10 detik setiap 10 menit akan memberikan rasa nyaman pada mata.
Aktualita MataPenyebab Mata KeringSolusi Mata KeringTips Mengatasi Mata KeringTips Atasi Mata KeringAtasi Mata Kering

Konsultasi Dokter Terkait