HomeInfo SehatMataMengatasi Mata Bintitan dengan Cara Mudah Ini
Mata

Mengatasi Mata Bintitan dengan Cara Mudah Ini

dr. Valda Garcia, 29 Okt 2021

Bintitan pada mata dapat mengganggu dan merusak penampilan. Jangan khawatir, berikut beberapa tips mudah mengatasi mata bintitan yang Anda alami.

Mengatasi Mata Bintitan dengan Cara Mudah Ini

Bintitan atau hordeolum merupakan benjolan pada kelopak mata yang disertai dengan tanda peradangan. Misalnya, berwarna merah, nyeri, sering juga menimbulkan rasa gatal dan mengganjal.

Bintitan dipicu oleh infeksi bakteri, tidak berbahaya, dan biasanya akan hilang sendiri dalam 1-2 minggu. 

Meskipun jarang sekali menyebabkan sesuatu yang serius, keberadaannya pasti akan mengganggu. Selain merasa tidak nyaman di area mata, bintitan bisa membuat seseorang jadi kurang percaya diri. 

Nah, sebelum Anda memutuskan pergi ke dokter, ada beberapa cara mengatasi mata bintitan yang sederhana dan dapat Anda lakukan di rumah.

Langkah-langkah sederhana ini dapat mencegah bintitan makin parah sekaligus mempercepat proses penyembuhan. Berikut adalah cara-cara mengobati mata bintitan:

1. Cuci Tangan Sebelum Menyentuh Area Mata

Cara pertama untuk menghilangkan bintitan di mata adalah dengan menjaga kebersihan tangan sebelum menyentuh mata. Pasalnya, mata bintitan bisa disebabkan oleh daerah sekitar kelopak mata yang kotor.

Kotoran tersebut dapat menyumbat kelenjar pada kelopak mata sehingga timbul bintitan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mencuci tangan sebelum menyentuh mata. Bahkan, sebelum memberikan obat mata—baik tetes atau salep mata—sangat disarankan untuk mencuci tangan dengan bersih sebelumnya.

Artikel Lainnya: Stres Jadi Penyebab Bintitan, Mitos atau Fakta?

2. Bersihkan Mata dengan Air dan Sabun yang Tidak Perih di Mata

Jika sudah mengalami bintitan, menjaga kebersihan daerah sekitar mata menjadi hal yang sangat penting. 

Anda dapat membersihkan area sekitar mata dengan menggunakan sampo bayi yang tidak menimbulkan rasa perih.

Campurkan sampo bayi dengan air, kapas atau kain. Gunakan untuk membersihkan area bintitan atau area kelopak mata. Lakukan pembersihan teratur tak hanya di area mata yang terkena bintitan, tetapi juga pada kedua mata.

Hal ini agar kelopak mata yang satu lagi tetap terjaga kebersihannya dan terhindar dari bintitan serta infeksi lain.

3. Mencuci Muka dengan Air Hangat

Cuci muka dengan air hangat juga bisa menjadi salah satu cara mengobati mata bintitan, lho.

Dengan menggunakan air hangat ketika mencuci muka, sumbatan kelenjar yang sering terjadi pada kasus mata bintitan akan terbuka sehingga dapat membantu mengobatinya.

4. Garam

Air garam bisa berfungsi untuk mengatasi infeksi bakteri sehingga dalam kasus bintitan, larutan tersebut bisa digunakan. 

Cara mengobati mata bintitan dengan air garam sama seperti poin sebelumnya, yakni Anda tinggal mencampur garam secukupnya dengan air. Namun ingat, usahakan air garam ini tidak sampai masuk ke mata karena bisa bikin mata perih.

Artikel Lainnya: 3 Kebiasaan Sepele Penyebab Mata Bintitan

5. Kompres Hangat

Kompres hangat juga bisa Anda jadikan cara menyembuhkan mata bintitan. Tindakan ini dapat membantu membuka saluran kelenjar pada kelopak mata yang tersumbat.

Kompres hangat bisa dibuat dengan menggunakan kapas kosmetik yang direndam dalam air hangat. Kemudian peras kompres, lalu tempelkan pada kelopak mata dengan kondisi mata tertutup.

Lakukan kompres pada mata sebanyak empat kali sehari selama 5-10 menit. Apabila kapas sudah tak hangat lagi, rendam kembali di dalam air hangat.

6. Hindari Penggunaan Make Up di Sekitar Mata

Ketika mengalami bintitan, sangat disarankan untuk menghentikan sejenak penggunaan make up, khususnya di daerah sekitar mata. Ini dilakukan untuk mencegah perburukan kondisi bintitan yang dialami.

Jika memang harus menggunakan make up di sekitar mata, sebaiknya bersihkan dengan baik. 

Anda dapat menggunakan cotton bud yang ujungnya sudah direndam menggunakan larutan campuran air dan sampo bayi.

Artikel Lainnya: Tips Ampuh untuk Mencegah Bintitan Berulang

7. Menggunakan Salep Mata

Untuk mengobati mata bintitan, penggunaan salep mata bisa menjadi cara yang efektif. 

Jika sudah mendapatkan penanganan medis, dokter biasanya akan memberikan salep mata yang mengandung antibiotik. 

Namun, obat ini tidak dapat dibeli bebas, sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter yang menangani.

8. Minum Obat Antinyeri

Reaksi radang ketika mengalami bintitan sering kali disertai dengan nyeri. Oleh karena itu, Anda dapat mengonsumsi obat antinyeri untuk mengatasi mata bintitan.

Salah satu obat yang dapat Anda konsumsi adalah obat yang mengandung paracetamol. Namun, perhatikan apakah Anda punya riwayat alergi obat sebelumnya atau tidak. 

9. Jangan Memencet Mata Bintitan

Selain beberapa cara di atas, untuk mengobati mata bintitan, Anda disarankan untuk tidak memencet benjolan. Bintitan dapat mengeluarkan nanah, yang justru akan memperburuk peradangan.

Demikian beberapa cara mudah untuk mengobati mata bintitan. Jika sudah seminggu bintitan masih saja mengganggu, bahkan tampak makin meradang, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis mata.

Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan lainnya? Yuk, tanyakan langsung kepada dokter di aplikasi Klikdokter.

[WA]

Artikel Terkait

Lihat Semua
Pertolongan Pertama Saat Mata Terkena Percikan Kembang Api

Pertolongan Pertama Saat Mata Terkena Percikan Kembang Api

Mata24 Jul 2022

Saking serunya, tak disangka percikan api mengenai mata saat kamu sedang permain kembang api. Lakukan pertolongan pertama saat mata kena percikan kembang api berikut ini.

Cara Mencegah Kebutaan Akibat Glaukoma

Cara Mencegah Kebutaan Akibat Glaukoma

Mata21 Jul 2022

Pengidap glaukoma berisiko mengalami komplikasi berupa kebutaan. Tapi ada beberapa cara mencegah glaukoma memburuk hingga menyebabkan hilangnya penglihatan

Prosedur Pemeriksaan Lapang Pandang Perimetri

Prosedur Pemeriksaan Lapang Pandang Perimetri

Mata16 Jul 2022

Kemampuan lapang pandang bisa diukur melalui tes perimetri. Ketahui prosedur dan cara membaca pemeriksaan lapang pandang perimetri lewat ulasan berikut ini.

Aqua Panas Ujan
Pepsodent Sensitive Mineral Expert