HomeInfo SehatMataCara Memakai Softlens untuk Pemula
Mata

Cara Memakai Softlens untuk Pemula

Fatin Nur Jauhara, 30 Sep 2022

Ditinjau oleh dr. Arina Heidyana

Icon ShareBagikan
Icon Like

Memakai softlens bagi pemula seringkali terasa menakutkan. Jangan khawatir, begini penjelasan lengkap cara memakai soflens yang bisa kamu terapkan.

Cara Memakai Softlens untuk Pemula

Sebagian orang lebih memilih menggunakan softlens (lensa kontak) dibanding kacamata. Softlens memang memiliki sedikit kelebihan dari sisi kepraktisannya dibanding kacamata. Namun, apabila cara memakai softlens keliru, kesehatan mata kamu dapat terganggu.

Yuk, simak cara memasang softlens yang benar di bawah ini agar kamu aman dari masalah kesehatan mata yang mungkin mengganggu.

Cara Memakai Softlens yang Aman

Pada beberapa kasus, kesalahan dalam memasang softlens bisa terjadi, misalnya terbalik dalam memasang softlens atau membilas softlens dengan air keran di rumah.

Kesalahan di atas bisa menimbulkan masalah pada mata. Oleh karena itulah, kamu perlu tahu cara yang benar dalam memasang softlens.

Berikut adalah langkah-langkah memasang lensa kontak yang benar dan aman:

1. Cuci Tangan

Sebelum memulai memasang lensa kontak, pastikan tangan kamu dalam keadaan bersih. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir akan menurunkan risiko infeksi mata. 

Hindari menggunakan sabun yang mengandung minyak atau parfum karena sisa kandungan tersebut dapat menempel di permukaan lensa.

Setelah itu, keringkan tangan yang sudah dicuci dengan tisu atau handuk bersih. 

Artikel lainnya: Bahaya Challenge Letakkan Contact Lens Dalam Kelopak Mata

2. Ambil Lensa Kontak dari Tempatnya

Goyangkan perlahan tempat lensa sebelum dibuka agar lensa tidak menempel di tempatnya. Kemudian, buka tempat lensa kontak dan perlahan ambil salah satu lensa dari tempatnya.

Saat menggunakan lensa, lebih baik untuk menyelesaikan rangkaiannya pada satu sisi mata terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar antara lensa kanan dan kiri tidak tercampur.

Kamu bisa memulai dengan mengambil lensa kontak sebelah kanan dengan hati-hati menggunakan ujung jari.

3. Cuci Lensa Kontak Sebelum Digunakan

Letakan lensa di tengah tangan untuk dibilas dengan cairan khusus pembersih softlens. Hal ini akan membuat mata lebih nyaman dan terhindar dari infeksi. 

Sebuah studi dari Clinical Ophthalmology menjelaskan bahwa, membersihkan lensa kontak dengan selain cairan khusus akan meningkatkan risiko terkena infeksi mata, seperti keratitis.

Artikel Lainnya: Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengguna Lensa Kontak

4. Periksa Lensa Kontak Sebelum Digunakan

Setelah dibilas, pastikan lensa dalam keadaan bagus, tidak robek, atau rusak. Selain itu, pastikan juga lensa berada di ujung jari telunjuk dengan posisi tidak terbalik. 

Posisi lensa yang benar memiliki bentuk sempurna, seperti mangkuk. Bila terdapat lekukkan dibagian pinggir lensa, tandanya posisi lensa terbalik.

5. Mulai Memasang Lensa Kontak

Cara memasang softlens yang pertama adalah dengan berdiri di depan cermin. Kemudian, buka mata dengan cara menarik kelopak mata atas menggunakan jari tangan kiri. 

Setelah itu, tarik kelopak mata bawah dengan jari tengah kanan dan pasang softlens di permukaan bola mata kamu. Kamu bisa melihat ke depan atau ke atas saat softlens dipasang. 

Saat memasang softlens, kamu bisa menyesuaikan jari tangan yang hendak digunakan sesuai dengan kenyamanan kamu.

6. Tutup Mata dengan Perlahan

Perlahan tutup matamu dan putar bola mata agar lensa terpasang sempurna. Kemudian, bukalah mata dan berkedip beberapa kali. Periksa kembali di cermin posisi lensa di mata.

Bila softlens sudah terpasang sempurna, kamu akan melihat dengan nyaman dan jelas. Bila terasa tidak nyaman, sebaiknya lepaskan softlens dan pasang lensa kembali.

Setelah lensa kontak sebelah kanan sudah terpasang, kamu bisa melanjutkan untuk memasang softlens sebelah kiri dengan cara yang sama.

Artikel lainnya: Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengguna Lensa Kontak

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menggunakan Softlens

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menggunakan Softlens

Menggunakan softlens terkenal dengan kepraktisannya. Namun dibalik itu, pengguna perlu berhati-hati karena juga menyimpan beberapa risiko kesehatan mata.

Disampaikan oleh dr. Arina Heidyana, “Menggunakan softlens terlalu sering dapat menimbulkan beberapa masalah mata, seperti infeksi, iritasi, alergi, dan ulkus kornea.” 

Bila tidak ditangani dengan baik risiko tersebut dapat bertambah parah hingga menyebabkan kebutaan” tambah dr. Arina.

Oleh sebab itu, terdapat beberapa hal serta cara yang harus diperhatikan sebelum dan sesudah menggunakan softlens, yaitu:

  • Pastikan menggunakan cairan pembersih khusus saat membersihkan lensa kontak
  • Pastikan kamu rutin membersihkan tempat softlens setidaknya satu kali seminggu dengan cairan khusus lensa dan biarkan tempat lensa terbuka hingga kering
  • Sering mengedipkan mata dapat membantu lensa tetap lembap dan bersih
  • Selalu hidrasi mata dengan obat tetes mata khusus softlens untuk menghindari mata kering
  • Gunakan pelindung mata apabila berada ditempat berdebu
  • Lepaskan softlens apabila mata terasa tidak nyaman
  • Segera periksakan ke dokter apabila kamu mengalami mata merah, nyeri, sensitif terhadap cahaya, atau gangguan penglihatan saat menggunakan softlens

Artikel lainnya: Awas, Infeksi dari Lensa Kontak Bisa Sebabkan Kebutaan

Hal yang Harus Dihindari saat Menggunakan Softlens

Berikut adalah beberapa hal yang harus dihindari saat menggunakan softlens.

  • Hindari menggunakan softlens lebih dari waktu yang ditetapkan
  • Hindari tidur menggunakan softlens
  • Hindari berbagi atau meminjam lensa maupun tempat lensa dengan orang lain
  • Hindari berenang menggunakan softlens
  • Hindari membasahi lensa kontak dengan air ludah, air keran, ataupun air minum
  • Hindari menyimpan softlens atau tempatnya dibawah sinar matahari

Agar andal dalam memasang softlens memang membutuhkan waktu. Namun, setelah terbiasa menggunakan softlens, kamu akan merasakan manfaatnya.

Artikel Lainnya: Adakah Batasan Mata Minus untuk Melakukan LASIK?

Demikianlah ulasan mengenai cara memasang softlens yang benar dan aman. Ingat, selalu jaga kebersihan tangan dan tempat softlens agar terhindar dari infeksi mata.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk #JagaSehatmu dengan rutin memeriksakan kesehatan mata agar terhindar dari masalah mata. Jangan ragu untuk bertanya kepada ahlinya apabila kamu merasa tidak nyaman dengan penglihatanmu melalui fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(APR/JKT)

Kesehatan MataUlkus Kornea

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter