Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatJantungWaspada, Ini Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Pria
Jantung

Waspada, Ini Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Pria

Siti Putri Nurmayani, 27 Sep 2023

Ditinjau oleh dr. Alvin Nursalim

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ciri penyakit jantung pada pria tidak hanya nyeri pada dada sebelah kiri. Kenali beragam ciri lainnya ketika penyakit ini menyerang pria.

Waspada, Ini Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Pria

Serangan jantung merupakan kondisi gawat darurat yang bisa mengancam nyawa. Pada dasarnya, penyakit ini bisa menyerang siapa pun, tapi lebih sering ditemukan pada pria. 

Selain menyerang pria berusia tua, ternyata serangan jantung juga dapat dialami oleh pria yang masih berusia muda, lho.

“Jika dulu usia 40 atau 50 tahun, sekarang usia 30 juga bisa terkena penyakit jantung, khususnya pria. Berdasarkan data epidemiologi, orang yang sering terkena penyakit jantung adalah pria usia muda,” tutur dr. Alvin Nursalim, SpPD. 

Oleh karenanya, penting untuk mengetahui gejala penyakit jantung dan serangan jantung pada pria agar bisa segera mendapatkan pertolongan. 

Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Pria

Menurut Dokter Alvin, serangan jantung disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Ciri dan tanda seorang pria mengalami penyakit jantung atau serangan jantung yaitu sebagai berikut.

1. Nyeri Dada Sebelah Kiri

Penting untuk diingat, jantung berada di dada sebelah kiri. Apabila muncul rasa nyeri dada di bagian tersebut, ini bisa jadi tanda penyakit jantung pada pria. Rasa nyeri yang muncul umumnya terasa seperti ditekan, ditindih, dan diremas. 

Bila mengalami kondisi ini, dr. Alvin menyarankan untuk segera periksakan diri ke dokter. Sebab, nyeri dada sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh penyakit lain, seperti GERD

2. Sesak Napas

Karena gagal memompa darah ke seluruh tubuh, termasuk bagian jantung, biasanya penyakit jantung bahkan serangan jantung mendadak juga akan ditandai dengan gejala sesak napas. 

Jika kamu mengalaminya, jangan panik dan hindari terlalu banyak bergerak. Coba lebih bersikap tenang dan berusaha untuk bernapas secara normal. Tarik napas dan embuskan melalui mulut. Coba untuk ulang beberapa kali sampai sesak napas menghilang. 

3. Nyeri di Bagian Tubuh Lain

Melansir dari Centers for Disease Control and Prevention, penyakit jantung juga menyebabkan munculnya rasa nyeri atau ketidaknyamanan di area tubuh lain karena tidak mendapatkan cukup darah. 

Biasanya, ini akan dirasakan pada tubuh bagian kiri, seperti lengan, leher, dan punggung.

4. Lelah Tanpa Alasan

Merasa lelah tanpa alasan menjadi salah satu tanda dari penyakit jantung. Kondisi ini terkadang juga disertai dengan munculnya rasa cemas. Tak jarang, gejala ini juga diikuti dengan keluarnya keringat dingin dan sakit kepala ringan.

5. Mual

Banyak ciri dan tanda penyakit jantung yang sering disalahartikan sebagai gangguan pencernaan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan adanya gejala mual atau ketidaknyamanan di perut. 

Untuk ciri penyakit jantung yang satu ini memang lebih jarang terjadi pada pria. Kendati demikian, jangan pernah anggap remeh gejala yang satu ini, ya!

Artikel Lainnya: Ciri-Ciri Serangan Jantung yang Mesti Diwaspadai

Penyakit jantung merupakan kondisi yang sulit untuk dideteksi sejak dini. Oleh karenanya, jika kamu merasa mengalami tanda-tanda di atas, segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang pasti. Beberapa ciri penyakit jantung pada pria di atas perlu diwaspadai. 

Yuk, konsultasi dengan dokter spesialis jantung cara yang lebih praktis lewat layananTanya Dokter dan kamu juga bisa buat janji dengan dokter spesialis jantung lewat layanan Temu Dokter. Selain itu, kamu juga bisa skrining kesehatan jantung aplikasi KlikDokter. Untuk mencegah serangan jantung, #JagaSehatmu dengan menerapkan pola hidup sehat. Jaga pola makan, kurangi kebiasaan merokok, dan olahraga secara rutin.

(NM)

Penyakit Jantung

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter