HomeInfo SehatJantungKurang Tidur? Waspada Kesehatan Jantung!
Jantung

Kurang Tidur? Waspada Kesehatan Jantung!

Tim Redaksi KlikDokter, 22 Jul 2013

Dari beberapa penelitian, ditemukan cukup tidur di malam hari bisa membantu menyehatkan jantung kita. Tapi bagaimana jika kurang tidur? Simak selengkapnya disini.

Kurang Tidur? Waspada Kesehatan Jantung!

Tidur malam telah lama disebutkan sebagai “pilar ketiga” dalam mempromosikan kehidupan yang sehat. Tidur malam bersama dengan diet dan olahraga merupakan pilar-pilar kehidupan sehat. Beberapa penelitian baru mendukung bahwa tidur merupakan bentuk dari kehidupan sehat, mereka juga berpendapat bahwa tidur malam juga memiliki positif terhadap kesehatan jantung.

Sebuah studi besar yang dilakukan oleh para peneliti dari negara Belanda yang diterbitkan dalam the European Journal of Preventive Cardiology mengungkapkan bahwa kebiasaan tidur malam bersama dengan diet, olahraga, membatasi asupan alkohol dan tidak merokok dapat melindungi tubuh terhadap timbulnya penyakit jantung (kardiovaskular).

Melaksanakan pilar-pilar kesehatan seperti yang disebutkan di atas berhubungan langsung dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular sebanyak 57%, dan penurunan kemungkinan terjadinya penyakit kardiovaskular sebanyak 67%. Namun, pada inpidu yang tidur selama 7 jam dalam sehari ditambah dengan pelaksanaan pilar-pilar kesehatan diatas ternyata lebih baik lagi, hingga dapat mencapai angka 83% dalam pencegahan penyakit jantung.

Para peneliti juga menemukan bahwa tidur yang cukup yaitu paling tidak selama 7 – 9 jam sehari. Tidur yang cukup ini pun ternyata berhubungan selain untuk perbaikan penyakit jantung, perbaikan memori, penurunan berat badan dan mengurangi kadar inflamasi (peradangan) di dalam tubuh yang dapat memicu penyakit kronis lainnya.

Namun tak ayal kita mengalami kesulitan tidur di malam hari, menyoal perihal kesulitan tidur lebih jauh, Anda dapat menggunakan fitur Tanya Dokter di Klikdokter.com guna berkonsultasi dengan tim dokter Klikdokter.com.

Bila dalam sehari Anda sempat untuk tidur selama 7–9 jam sehari, cobalah lakukan hal itu, selamat mencoba ya!![](EA)

Artikel Terkait

Lihat Semua
Sakit Kepala Gara-Gara Hipertensi, Apa Mungkin?

Sakit Kepala Gara-Gara Hipertensi, Apa Mungkin?

Jantung11 Agu 2022

Sakit kepala sering dikaitkan dengan penyakit hipertensi. Apa benar berhubungan? Cari tahu di sini.

Cara Enak Makan Daging untuk Penderita Hipertensi

Cara Enak Makan Daging untuk Penderita Hipertensi

Jantung06 Agu 2022

Kata siapa penderita hipertensi alias tekanan darah tinggi tak bisa makan daging seperti orang pada umumnya? Simak tipsnya di sini.

Berbagai Manfaat Mengonsumsi Jantung Pisang

Berbagai Manfaat Mengonsumsi Jantung Pisang

Jantung23 Jul 2022

Mengonsumsi jantung pisang atau bunga pisang bisa sangat berkhasiat bagi tubuh. Yuk, simak manfaat jantung pisang yang baik untuk kesehatan.

Aqua Panas Ujan
Pepsodent Sensitive Mineral Expert