Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatGigi Mulut7 Cara Menggunakan Obat Kumur yang Benar, Agar Gigi dan Mulut Sehat Bebas Kuman
Gigi Mulut

7 Cara Menggunakan Obat Kumur yang Benar, Agar Gigi dan Mulut Sehat Bebas Kuman

drg. Callista A, 24 Agu 2023

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sudah rajin menggunakan obat kumur tapi masih ada saja gigi yang rusak. Yuk, cari tahu cara menggunakan obat kumur yang benar!

7 Cara Menggunakan Obat Kumur yang Benar, Agar Gigi dan Mulut Sehat Bebas Kuman

Untuk menjaga agar badan kita tetap sehat, salah satu caranya kita juga harus menjaga kesehatan gigi dan mulut. Menyikat gigi sudah wajib dilakukan setiap hari. Selain itu ada cara lain yang dapat menunjang kebiasaan kita dalam menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut kita, yaitu dengan menggunakan obat kumur.

Nah, tidak banyak yang tahu bagaimana cara menggunakan obat kumur yang benar. Sebagian besar hanya kumur-kumur saja tanpa tahu triknya. Yuk, simak langkah memakai obat kumur agar kesehatan mulut terjaga. 

Cara Menggunakan Obat Kumur yang Benar

Agar mulut dan gigimu selalu bersih serta tidak bau mulut, begini langkah memakai obat kumur yang benar. 

  1. Setiap akan berkumur, tuang sekitar 20 ml atau setara 4 sendok teh. Atau gunakan tutup botolnya sebagai gelas takar.
  2. Berkumurlah minimal 30 detik sampai 1 menit. Sehingga kandungan di dalamnya dapat bekerja secara maksimal.
  3. Berkumurlah dengan menggerakkannya ke bagian kanan dan kiri bagian dalam pipi. Supaya larutan kumur dapat mengenai seluruh bagian rongga mulut, terutama bagian yang tidak dapat dijangkau dengan sikat gigi atau benang gigi atau floss.
  4. Baca petunjuk pakai apakah obat kumur ini baiknya digunakan sebelum atau sesudah menyikat gigi. Karena setiap obat kumur memiliki cara pakai yang berbeda terutama pada obat kumur terapetik.
  5. Umumnya gunakan obat kumur setelah menyikat gigi. Karena menyikat gigi dapat membersihkan dan membubarkan bakteri dalam plak gigi dan membersihkan sisa makanan, kemudian obat kumur dapat membilasnya sehingga rongga mulut menjadi lebih bersih dan segar.
  6. Berkumurlah dengan obat kumur sebelum tidur. Dengan ini maka selama tidur anda akan terbebas dari plak gigi penyebab karies gigi dan gusi akan terhindar dari radang gusi.
  7. Tidak perlu menggunakan obat kumur setiap hari. Karena penggunaan obat kumur yang terlalu sering dapat menyebabkan efek samping yaitu juga menghilang flora normal di dalam mulut. Gunakan maksimal 2 kali sehari.

Cara Memilih Obat Kumur yang Benar

Agar lebih optimal, kamu harus tahu apa saja yang harus diperhatikan saat memilih obat kumur yang akan digunakan. Berikut cara untuk memilih obat kumur yang benar, antara lain.

Artikel Lainnya: Mulut Terasa Kering, Apa Penyebabnya?

1. Sesuaikan Dengan Kondisimu

Pilih obat kumur yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rongga mulutmu. Misalnya jenis anti bakteri sangat baik untuk mencegah karies dan penyakit gusi. Jenis Whitening dapat membantu membersihkan noda dan mencerahkan warna gigi. 

2. Periksa Bahan Aktif Obat Kumur

Untuk obat kumur jenis terapetik periksa kandungan bahan aktifnya. Karena bahan aktif tersebut yang akan memberikan efek terapi untuk menyembuhkan suatu kondisi atau penyakit dalam mulut. 

Misalnya mengurangi plak gigi, mengobati radang gusi, mengatasi mulut kering, bau mulut, dan kondisi lainnya.

Salah satu kandungan yang sebaiknya ada di dalam obat kumur yaitu zat CPC (Cetylpyridinium Chloride).

Menurut International Journal of Dental Hygiene, kandungan CPC (Cetylpyridinium Chloride) mampu mengurangi plak gigi dan peradangan gusi. 

Selain itu CPC memiliki efek samping staining, perubahan rasa dan rasa kebas yang lebih rendah dibanding kandungan Chlorhexidine. 

3. Pilih yang Mengandung Fluoride

Pilih juga obat kumur yang memiliki kandungan Fluoride. Biasanya tertulis Sodium Fluoride 0,2 %. 

Menurut Journal Dent. Res. Dent. Clin. Dent Prospects, Fluoride sangat berperan dalam mencegah karies gigi dengan memberikan lapisan perlindungan pada email gigi dan juga memperbaiki kesehatan rongga mulut secara menyeluruh.

Artikel Lainnya: 7 Cara Ampuh Atasi Gigi Depan Berlubang yang Ganggu Penampilan

4. Pilih yang Bebas Alkohol

Ketika memilih obat kumur, perhatikan kandungan alkohol pada kemasannya. Beberapa obat kumur mengandung alkohol. Kandungan alkohol di dalam obat kumur dikatakan tinggi jika lebih dari 14%. 

Namun, lebih baik kamu pilih obat kumur yang tidak memiliki kandungan alkohol. Karena kandungan alkohol dapat memberikan efek samping mulut menjadi lebih kering.

Dengan memilih obat kumur yang tepat dengan cara penggunaan yang benar dapat membantumu untuk membersihkan rongga mulut dari kuman serta mengatasi beberapa keluhan rongga mulut maupun penyakit gusi. 

Namun pastikan untuk selalu sikat gigi rutin ya, supaya area mulut terjaga kebersihannya dan bebas bau. 

Bila kamu ada pertanyaan seputar kesehatan gigi, kamu bisa menggunakan fitur Tanya Dokter atau Temu Dokter di aplikasi KlikDokter. Yuk, #JagaSehatmu, gigi, dan mulutmu!

(NM)

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter