HomeInfo SehatDiabetesIni yang Terjadi pada Tubuh Saat Minum Susu Kental Manis Berlebih
Diabetes

Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Minum Susu Kental Manis Berlebih

Gerardus Septian Kalis, 03 Agu 2017

Susu kental manis ternyata menyimpan dampak buruk bagi tubuh. Baca tulisan ini untuk tahu dampak negatifnya.

Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Minum Susu Kental Manis Berlebih

Sebagian orang tentu sudah akrab dengan susu kental manis. Rasa manis yang menyerupai susu membuat kebanyakan orang ingin mengonsumsinya berulang kali. Akan tetapi, susu kental manis tidak disarankan diminum secara rutin karena tidak baik bagi kesehatan.

Direktur Bina Gizi, Ditjen Bina Gizi, dan KIA Kementerian Kesehatan, Ir. Doddy Izwardy, MA, juga telah meminta produsen susu kental manis untuk bisa memberikan edukasi mengenai penggunaan produk yang tepat kepada masyarakat.

Pasalnya, masih banyak orang yang menganggap susu kental manis sebagai susu yang boleh diberikan rutin untuk anak. Padahal, sejumlah pakar mengungkapkan bahwa kandungan yang terdapat pada susu kental manis didominasi oleh gula.

Terlepas dari fakta tersebut, berikut ini adalah beberapa hal yang terjadi pada tubuh jika mengonsumsi susu kental manis terlalu banyak:

  1. Memicu diabetes

    Saat Anda makan, pankreas akan memompa insulin. Namun jika terlalu banyak makan gula dan tubuh berhenti merespons insulin dengan benar, maka pankreas mulai memompa lebih banyak insulin. Hal ini akan menyebabkan kerusakan pankreas yang akhirnya membuat kadar gula darah meningkat. Dampaknya, Anda akan menderita diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.
  2. Merusak ginjal

    Jika Anda menderita diabetes, terlalu banyak gula bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Ginjal memainkan peran penting dalam menyaring gula di dalam darah. Begitu kadar gula darah mencapai jumlah yang berlebihan, ginjal akan membiarkan kelebihan gula keluar lewat urin. Jika dibiarkan tidak terkendali, diabetes dapat merusak ginjal.
  3. Merusak gigi

    Mengonsumsi gula yang berlebihan bisa membuat gigi rusak. Kondisi ini akan bertambah buruk jika bakteri bertahan di rongga mulut Anda.
  4. Memengaruhi kulit

    Gula menempel pada protein dalam aliran darah dan menciptakan molekul berbahaya yang disebut 'AGEs'. Molekul ini merusak kolagen dan elastin pada kulit. Hal ini menimbulkan kulit keriput dan kendor.
  5. Memengaruhi berat badan

    Penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum minuman manis cenderung berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2. Bahkan, salah satu studi menemukan, orang-orang yang meningkatkan asupan gula mengalami peningkatan berat sekitar 1,7 kilogram dalam waktu kurang dari 2 bulan.
  6. Memengaruhi kesehatan seksual

    Gula dapat memengaruhi rangkaian terjadinya proses ereksi. Bahkan, konsumsi gula berlebih dapat membuat pria menjadi impoten.

Nah, itulah beberapa hal yang terjadi pada tubuh jika mengonsumsi susu kental manis terlalu banyak. Jadi, masih tertarik minum susu kental manis setiap hari?

[BA/ RH]

Artikel Terkait

Lihat Semua
Makanan Manis Ini Aman untuk Penderita Diabetes Melitus

Makanan Manis Ini Aman untuk Penderita Diabetes Melitus

Diabetes29 Jul 2022

Bagi penderita diabetes, jangan takut tidak bisa konsumsi makanan manis lagi. Kamu masih tetap bisa, kok, menikmati makanan manis, asalkan tahu jenisnya.

Waspada, Ini Penyebab Bisul pada Penderita Diabetes

Waspada, Ini Penyebab Bisul pada Penderita Diabetes

Diabetes27 Jul 2022

Penderita diabetes mungkin sering mengalami bisulan. Apa penyebabnya bisulan pada penderita diabetes? Ketahui lebih jauh di sini.

Rambutan Diklaim Dapat Cegah Diabetes, Ini Faktanya!

Rambutan Diklaim Dapat Cegah Diabetes, Ini Faktanya!

Diabetes26 Jul 2022

Rambutan disebut-sebut menjadi buah musiman yang bisa mencegah diabetes. Benar atau tidaknya hal tersebut, cari jawabannya di sini.

Aqua Panas Ujan
Pepsodent Sensitive Mineral Expert